Kapolres Buleleng Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2021

Kamis, 23 Desember 2021, 12/23/2021 WIB
Oleh Cinta Pradiva Alvina Ardianti

SNIPERS.NEWS | Buleleng - Kapolres Buleleng AKBP Andrian P, S.I.K., S.H., M.Si., menjadi pimpinan apel dalam pelaksanaan gelar pasukan Operasi Lilin-2021 yang dilaksanakan di lapangan Ngurah Rai Singaraja tepatnya di Taman Kota Singaraja, Kamis (23/12/21) pukul 08.30 wita.

Hadir dalam pelaksanaan apel gelar pasukan operasi lilin 2021 diantaranya unsur Forkompinda Buleleng, unsur POM dan TNI, Unsur Dishub, Jasa Raharja, Unsur Pramuka dan Satpol PP serta unsur komponen masyarakat lainnya.

Tema yang disampaikan dalam apel gelar pasukan ini, “Melalui Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin-2021, kita tingkatkan sinergi Polri dengan Instansi terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Natal 2021 dan Tahun baru 2022”.

Dalam amanat yang disampaikan Kapolres Buleleng bahwa perayaan hari raya natal dan tahun baru (Nataru) sudah menjadi bagian dari tradisi masyarakat Indonesia untuk melaksanakan kegiatan ibadah, berkumpul, dan bersuka cita bersama dengan keluarga serta merayakan pergantian tahun dibeberapa lokasi. Hal ini tentunya akan meningkatkan mobilitas dan aktivitas masyarakat, sehingga berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas dan kamseltibcarlantas serta penyebaran pandemic Covid-19.

Pada pelaksanaan Nataru tahun ini kita perlu lebih berhati-hati, khususnya dalam mengantisipasi penyebaan varian Covid 19 jenis B.1.1529 (Omicron) yang mengakiatkan lonjakan kasus dibeberapa Negara. Varian Omicron yang memiliki kecepatan penyebaran 5 kali lebih cepat dari varian Delta ini telah ditemukan di 103 negara dengan total 105.272 kasus, termasuk di Indonesia saat ini sebanyak 5 orang telah teridentifikasi tertular varian Omicron.
 

Dalam operasi lilin-2021 harus dilaksanakan secara optimal, kejahatan dan gangguan kamtibmas sekecil apapun harus dicegah dan antisipasi. Ketika operasi ini berhasil, masyarakat dapat melaksanakan aktivitas ibadah Natal dan Tahun Baru dengn rasa aman dan nyaman, baik dari gangguan kamtibmas maupun dari bahaya Covid 19. Event-event nasional dan internasional pun dapat berjalan dengan baik. Untuk itu, laksanakan operasi ini dengan penuh rasa tanggung jawab dengan dukungan penuh masyarakat.

Pelaksanaan operasi lilin-2021 dilaksanakan selama 10 hari mulai tanggal 23 Desember 2021 s/d tanggal 2 Januari 2021. 

Diakhir amanat Kapolres Buleleng menyampaikan, beberapa penekanan untuk dipedomani guna mendukung pelaksanaan operasi lilin-2021, yaitu sebagai berikut :
Pertama, jaga stamina dan kesehatan mental beserta fisik selama perjalanan Operasi, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME.

Kedua, lakukan deteksi dini terhadap dinamika dan fenomena yang berkembang sehingga dapat melakukan langkah-langkah pencegahan yang prediktif.

Ketiga, laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dimanapun dan kapanpun, rekan-rekan adalah wujud representasi negara di tengah-tengah masyarakat.


Keempat, lengkapi sarana dan prasarana di pospam dan posyan, mulai dari tempat isoalsi sementara, aplikasi peduli lindungi, gerai vaksinasi, pos pelayanan kesehatan, pengecekan swab antigen, panel data informasi, dan inovasi pelayanan.

Kelima, dorong para pengelola tempat wisata, pusat perbelanjaan, dari tempat lainnya yang dapat menimbulkan kerumunan untuk memasang dan menerapkan aplikasi Peduli Lindungi.

Keenam, kawal dan awasi betul aktivitas masyarakat di titik-titik obyek vital dengan mengedepankan 3M (memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan).

Ketujuh, mantapkan kerja sama, sinergi dan soliditas para pihak yang terlibat. Satukan visi dan tujuan demi keberhasilan pelaksanaan operasi.

Dan yang paling terakhir disampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh personel TNI-Polri, Pemerintah Darah, dan pemangku kepentingan lainnya yang terlibat dalam pelaksaan operasi lilin-2021 sehingga stabilitas masyarakat dapat senantiasa terjaga dan diucapkan “Selamat hari Raya Natal 2021 dan selamat menyongsong Tahun Baru 2022”, tutup Kapolres Buleleng.*

(Arifin/Lilik/Hms)

TerPopuler

> Whatsapp-Button