Lapas Tidak Hanya Sebagai Tempat Jalani Pidana Tapi Lapas Juga Sebagai Temapat Mengukir Prestasi

Kamis, 09 Desember 2021, 12/09/2021 WIB
Oleh Cinta Pradiva Alvina Ardianti

SNIPERS.NEWS | Bangli - "Lembaga Pemasyarakatan tidak hanya sebagai tempat menjalani pidana namun bisa juga sebagai tempat untuk mengukir prestasi," ujar Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali, Jamaruli Manihuruk disela-sela mengikuti kegiatan kompetisi seni dan kreatifitas yang diikuti oleh Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Nartkotika Kelas IIA Bangli secara daring. Sebuah prestasi kembali diraih oleh salah satu Warga Binaan Lapas Narkotika Bangli, kali ini seorang komika yang bernama Harif Jatmiko Alias Koplo mampu berprestasi dengan berhasil meraih juara harapan 1 dari 69 peserta komedi tunggal dalam kompetisi seni dan kreatifitas Second Chance Star "Show and Shine Your Talent" antar Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) pada seluruh Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan di berbagai wilayah Indonesia yang dilaksanakan secara virtual. Rabu (8/12/2021)

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Reynhard Silitonga. Dalam sambutannya beliau menyampaikan, kalau ini merupakan suatu kegiatan positif yang dapat menjadi wadah bagi WBP untuk menunjukan manat dan bakatnya dalam berkreasi khususnya dibidang seni. Second Chance Foundation merupakan yayasan nirlaba dibidang sosial yakni pembinaan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang juga merupakan mitra Direktorat Jenderal Pemasyarakatan. Sebanyak 425 WBP dari 103 Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan di 30 Provinsi Indonesia Ikut mengambil bagian dalam ajang ini, dimana ada 3 kategori yang dilombakan yaitu menyanyi, menari dan komedi tunggal. 

Disaksikan langsung oleh Ombudsman RI Perwakilan Bali, Umar Ibnu Alkhatab, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Bangli dan pegawai Lapas Narkotika Kelas IIA Bangli serta beberapa WBP.  

Harif Jatmiko tampil memukau dan sangat percaya diri di depan para penonton. Pujian dan apresiasi diberikan oleh para juri kepada Koplo atas penampilannya. Kalapas, Agus Pritiatno dalam sesi wawancara menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ditjenpas dan SC Star Foundation karena telah menyediakan wadah bagi WBP untuk bisa mengembangkan bakat dan minat yang mereka miliki. "Selamat kepada Koplo atas pencapaian yang berhasil diraih, semoga ini bisa menjadi pemicu buat WBP yang lain untuk terus berkarya," ucap Kalapas. 


Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali Jamaruli Manihuruk memberi apresiasi atas prestasi yang diraih oleh salah satu WBP Lapas Narkotika Kelas IIA Bangli ini.

"Walaupun sedang menjalani masa hukuman, Harif Jatmiko Alias Koplo ini masih bisa mengukir prestasi. Ini merupakan salah satu indikator keberhasilan pembinaan di dalam Lapas," ujar Kakanwil. Kakanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bali juga berharap WBP lainnya bisa mengikuti jejak Harif Jatmiko Alias Koplo dalam mengukir prestasi sehingga selepasnya dari masa hukuman bisa kembali ke masyarakat dengan membawa perubahan diri yang sangat baik.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menjadi upaya bersama dalam meningkatkan citra positif Lapas dan karya-karya WBP di Indonesia.*

(Arifin/Lilik)

TerPopuler

> Whatsapp-Button