Panitia Pilkades di Probolinggo Dipastikan Tidak Terima Gaji, Ini Beritanya

Minggu, 26 Desember 2021, 12/26/2021 WIB
Oleh TAUFIQ PERS
                               

SNIPERS.NEWSProbolinggo - Terhitung 26 Oktober 2021 Panitia Pemilihan Kepala Desa (Panlih Kades) bekerja tahapan demi tahapan sudah terlewati. Namun, faktanya sampai berita ini diterbitkan para panlih belum menerima gaji/honor sepeserpun dari anggaran yang bersumber dari APBD Pemerintah Kabupaten Probolinggo.

Artinya, para panlih di 253 desa terhitung tiga bulan sampai Desember gigit jari tidak terima gaji/honor atas jerih payahnya mengatur ritme tahapan Pilkades.

Pasalnya, menurut panitia pilkades Kabupaten Probolinggo, Muhammad Idris, Pemkab Probolinggo tidak menganggarkan honor panlih di tahun ini dan akan di anggarkan pada tahun depan.

"Betul, panlih belum terima honor sampai akhir bulan Desember 2021. Namun di anggarkan tahun depan," kata Idris seperti dikutip media Snipers.News, Minggu (26/12/2021).

Terpisah, Ketua Panlih Desa Kalirejo, Taufiq membenarkan hal tersebut, bahwa tidak ada pos honor panlih walau ada cairan dana di bulan November kemarin.

"Dana yang turun bulan November kemarin terfokus pada tahapan pendaftaran bakal calon kades, sosialisasi, ATK, buat banner woro woro, beaya rapat, perdin verifikasi data bacalon, intinya tidak ada pos untuk honor panlih selama tiga bulan ini bekerja," celetuk Taufiq.

Taufiq berharap, walau selama ini dirinya dan para panlih lainnya kerja bakti atau bisa dikatakan 'olle lakonah tadek bejernah' (hanya dapat kerjanya dan tidak ada gajinya-red) dan juga resiko besar benturan dengan warga, pendukung dan calon kades.

"Agar supaya Pemkab Probolinggo betul betul memperhatikan besaran honor/gaji bagi para panlih dan jangan di tunda tunda lagi, sehingga kami terpaksa beli rokok, bensin dan lain lain memakai uang pribadi," tandasnya.*

Pewarta : Fiq

TerPopuler

> Whatsapp-Button