Peduli Bencana Semeru, Rentan Medan Belawan Galang Dana Bantuan

Jumat, 10 Desember 2021, 12/10/2021 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Belawan - Peristiwa bencana alam dengan meletusnya Gunung Semeru yang terjadi di Lumajang Jawa Timur tak sedikit memakan korban jiwa.

Melihat bencana itu, lembaga sosial kemasyarakatan dan kemanusiaan yang tergabung dalam Relawan Antisipasi Solidaritas Bencana (Rentan) melakukan gerakan penggalangan dana (donasi), di Simpang Pajak Pompa, Kecamatan Medan Belawan, Kamis (9/12/21) sekira pukul 10.00 Wib.

Gerakan donasi ini langsung mendapat arahan Ketua Umum Rentan M. Yunus dan Ketua Harian Herdi. 

Dalam instruksinya kepada jajaran relawan Rentan, agar melakukan penggalangan dana bencana letusan Gunung Semeru ke semua daerah di Indonesia, khususnya Wilayah Sumatera Utara.


Terlihat turun dalam gerakan aksi ini, Sekretaris DPC Rentan Kota Medan Chairil Anwar dan Ketua Dewan Pimpinan Anak Cabang Belawan Putra Islami, bersama beberapa pengurusan Rentan Medan Belawan lainnya.

Chairil Anwar, selaku Sekretaris DPC Rentan Kota Medan, kepada awak media saat dilakukan aksi donasi tersebut menyampaikan harapannya, bahwa penggalangan dana ini dapat dilakukan secara maksimal, sehingga hasilnya lebih maksimal untuk korban gunung Semeru.

"Kita mau aksi ini dilakukan maksimal dengan melibatkan seluruh kader relawan, agar hasilnya bisa maksimal diserahkan untuk korban letusan gunung Semeru," ujarnya.

Target dari Rentan untuk kegiatan ini untuk mengumpulkan bantuan, seperti perlengkapan bayi, selimut, bahan makanan dan donasi dalam bentuk uang tunai.

Dijelaskannya, Relawan Antisipasi Solidaritas Bencana (Rentan) telah didirikan sejak tahun 2019 untuk wilayah Kota Medan. 


Sebelumnya, Rentan telah membuat aksi penggalangan dana untuk korban banjir di Sergai, Rampah yang baru terjadi, membantu membuka jalan yang longsor di Brastagi Kabupaten Karo dan di daerah yang lainnya.

Ketua DPAC Rentan Medan Belawan Mansyur Syahputra alias Putra Islami, didampingi Sekretarisnya Junaidi saat diminta pendapatnya tentang gerakan aksi ini mengatakan, diharapkan apa yang dilakukan ini dapat mengetuk pintu hati masyarakat di Belawan, dan Donatur yang tergerak hatinya untuk membantu sesama yang tertimpa bencana letusan Gunung Semeru.

"Kami mengharapkan, masyarakat juga para Donatur dapat terketuk pintu hatinya, untuk membantu saudara kita di Jawa Timur yang tertimpa musibah bencana Gunung Semeru," ucap Putra Islami.

Ditargetkan, kegiatan sosial untuk membantu masyarakat akan terus dilakukan oleh DPAC Rentan Medan Belawan. Di samping itu juga, pihaknya telah beberapa kali menggelar aksi sosial, guna meringankan beban masyarakat.

"Sebelum ini kami juga telah melakukan aksi sosial meringankan korban banjir dan yang lainnya," jelas Ketua DPAC Rentan Medan Belawan Putra Islami.* 

(Team MU)

TerPopuler

> Whatsapp-Button