PJU, Pamen serta KBT Kodam Pattimura Mulai Vaksin Booster

Wednesday, December 22, 2021, 14:19 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Ambon - Program Vaksinasi Booster untuk TNI di Kodam XVI/Pattimura sudah dimulai. Hari ini, sejumlah Pejabat Utama (PJU) dan Perwira Menengah (Pamen) sudah mulai mendapat suntikan vaksin dosis ketiga itu. 

Vaksinasi ketiga ini dilakukan bertahap yang digelar di Lapangan Makodam hari ini, Rabu (22/12/2021). 

Selain TNI, ada juga keluarga TNI yang sengaja datang untuk mendapatkan vaksinasi Astrazeneca dan Sinovac dosis pertama dan kedua.


Kepala Rumah Sakit Tingkat II Prof. dr. J.A. Latumeten Kolonel Ckm dr. Adhy Sugih Arto, Sp.An., mengatakan, vaksinasi di halaman Makodam ini tidak hanya melayani vaksin suntikan ketiga bagi TNI dengan Vaksin Booster Moderna dan Vaksin Pfizer, namun ada juga vaksinasi Astrazeneca dan Sinovac dosis pertama dan kedua bagi keluarga TNI. 

Namun, untuk Vaksin Booster dikhususkan hari ini untuk PJU Kodam XVI/Pattimura dan Perwira Menengah, karena mengingat ketersediaan vaksin.

"Berdasarkan perintah komando atas, Vaksin Booster yang semula hanya diperuntukkan untuk nakes, saat ini juga bisa untuk TNI, mengingat ketersediaan vaksin. Untuk di daerah diprioritaskan bagi PJU dan Pamen dahulu, kemudian untuk preriode berikutnya untuk yang lain," paparnya.


Karumkit juga menjelaskan tentang manfaat dan efek samping dari Vaksin Booster saat kegiatan vaksin ini digelar. Kata Karukmit, adapun manfaat dari Vaksin Booster (Vaksin Booster Moderna dan Vaksin Pfizer) ini bagi tubuh yaitu menumbuhkan dan meningkatkan imunitas terhadap serangan Virus Covid-19.

Untuk efek samping vaksin tergantung dari jenis vaksin yang diperoleh dan imunitas masing-masing orang. 

Pada Vaksin Moderna, hampir semua merasakan demam, menggigil dan ngilu di bekas suntikan, namun akan hilang dengan sendirinya. Sedangkan Vaksin Pfizer tidak semua merasakan kena efek samping tergantung kondisi dan daya tahan.

Mengantisipasi terjadinya kerumunan saat pelaksanaan vaksinasi berlangsung, para peserta vaksinasi mengantri di tenda yang sudah disiapkan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. 

Hari ini, tercatat sebanyak 115 orang menerima vaksin, dengan rincian vaksin Moderna sebanyak 50 dosis dan Pfizer sebanyak 52 dosis. Sedangkan sisanya mendapatkan suntikan Astrazeneca dan Sinovac.*

(Ajid Tomagola)

Sumber : Pendam16

TerPopuler