Sinergi, LSM KAMI dan Dinsos Probolinggo Salurkan Bantuan Warga Miskin

Selasa, 28 Desember 2021, 12/28/2021 WIB
Oleh TAUFIQ PERS
                              

















SNIPERS.NEWS | Probolinggo - 
Kepala Seksi Perlindungan dan Jaminan Sosial dari Dinas Sosial Kabupaten Probolinggo bersama Pengurus Daerah Komunitas Aktivis Muda Indonesia (LSM KAMI) Probolinggo Raya, mendatangi tiga rumah warga dari tiga kecamatan pasca adanya pengaduan oleh masyarakat mengenai keberadaan warga yang membutuhkan dukungan pemerintah orientasi seputar bansos (bantuan sosial).

Terpantau, dari ketiga warga yang didatangi oleh Kepala Seksi Perlindungan dan Jaminan Sosial (Dinsos) bersama rombongan dan LSM KAMI tersebut diantaranya di desa Pondokwuluh Kecamatan Leces warga atas nama Sapi, sementara di Desa Klenang Lor Kecamatan Banyuanyar B. Sari, Sariti warga Klenang Lor dan Tiyami warga Desa Puspan Kecamatan Maron yang juga kedapatan tengah menderita penyakit kangker rahim.

Dijelaskan, Kepala Seksi Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Dyah Puspitasari, S.Sos, bahwa dalam hal ini selain untuk menindaklanjuti juga guna memastikan atas adanya informasi oleh masyarakat, sekaligus akan melakukan validasi dan kemudian akan dimasukan dalam Data Terpadu Keluarga Sejahtera (DTKS).

"Namun semampainya perihal tersebut dalam tahap proses pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pemerintah desa setempat untuk sekiranya bisa dimasukkan dalam bansos lain yang ada di desa (BLT DD)," ucap Dyah Puspitasari, Selasa (28/12/2021).
                              

Diketahui, dalam kunjungannya tersebut selain membawa sembako untuk dibagikan, juga menyerahkan amplop berisikan sejumlah uang tunai yang deserahkan kepada warga baik dari petugas dinsos maupun dari LSM KAMI.

Ditempat yang sama, Ketua Pengurus Daerah Komunitas Aktivis Muda Indonesia (LSM KAMI) Probolinggo Raya, Suwarno, Ama.Pd mengatakan semua itu dilakukan guna membantu masyarakat dan juga mendukung pemerintah dalam hal ini, terutamanya Dinas Sosial untuk mengevaluasi TKSK yang ada ditingakat kecamatan agar lebih selektif dalam melakukan pendataan.

"Sehingga bansos dapat benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat yang memang sangat membutuhkan," tandas Suwarno.

Suwarno menjelaskan, bahwa pihaknya akan terus melakukan pengawalan secara intensif guna memastikan ketepatan bantuan sosial tersebut.*

(Tofa)
Editor : Taufiq

TerPopuler

> Whatsapp-Button