Wakil Bupati Banggai Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Tinombala 2021

Thursday, December 23, 2021, 13:26 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Banggai - Wakil Bupati Banggai Drs. H. Furqanuddin Masulili, M.M. bertindak sebagai Inspektur Upacara Apel Gelar Pasukan, dalam rangka Operasi Lilin Tinombala Tahun 2021 di lapangan Mapolres Banggai, Kamis (23/12/2021).

Hadir dalam kegiatan itu Kapolres Banggai AKBP Yoga Priyahutama, S.H., S.I.K., M.H., unsur Forkopimda, Wakapolres Banggai Kompol Margiyanta, S.H., PJU Polres Banggai, Kasat Pol-PP dan Damkar Suwitno Abusama, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, BPBD, Danpos Lanal Luwuk, Danpom, Danki Brimob II Yon B, Kompi C Yonif/SM 714 diwakili dan Ketua Orari Banggai.

Dalam apel tersebut, Wakil Bupati Banggai membacakan amanat tertulis Kapolri Jendral Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., yang mengatakan bahwa, Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin-2021 yang diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran Polri mengangkat tema "Melalui Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2021, kita tingkatkan sinergi Polri dengan Instansi terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022”.

Perayaan Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru) sudah menjadi bagian dari tradisi masyarakat Indonesia untuk melaksanakan kegiatan ibadah, hal ini tentunya akan meningkatkan mobilitas dan aktivitas masyarakat, sehingga berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas dan kamseltibcarlantas serta penyebaran pandemi Covid-19.

Situasi pandemi Covid-19 di Indonesia saat ini sudah terkendali, dimana tingkat penularan berada di bawah angka 1, dengan positivity rate dan BOR rumah sakit berada dibawah standar WHO. Ini membuat Indonesia menempati peringkat pertama di Asia Tenggara dalam rangka pemulihan Covid-19 menurut indeks Nikkei.

"Tentunya, capaian ini harus dipertahankan dengan tetap waspada dan harus melakukan berbagai upaya pencegahan untuk menyelamatkan bangsa Indonesia dari bahaya pandemi Covid-19, dengan mengedepankan asas keselamatan rakyat sebagai hukum tertinggi (Salus Populi Suprema Lex Esto)," terang Kapolri.
 
Mengakhiri sambutannya, Kapolri menyebutkan, berdasarkan mapping kerawanan yang telah dilakukan, terdapat beberapa prediksi gangguan kamtibmas yang harus di antisipasi, antara lain ancaman kelompok intoleran, radikalisme, dan terorisme, aksi kriminalitas seperti curat, curas, curanmor, balap liar, penyalahgunaan narkoba, pesta miras, aksi perusakan fasilitas umum, kerumunan masyarakat yang berpotensi menyebabkan penularan Covid-19, maupun ancaman bencana alam seperti banjir dan tanah longsor sebagai dampak dari musim penghujan.


"Operasi Lilin 2021 harus dilaksanakan secara optimal. Kejahatan dan gangguan kamtibmas sekecil apapun harus kita cegah dan antisipasi," sebut Kapolri.

Ketika operasi ini berhasil, masyarakat dapat melaksanakan aktivitas ibadah Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman dan  nyaman, baik dari gangguan kamtibmas maupun dari bahaya Covid-19. Event-event nasional dan internasional pun dapat berjalan dengan baik. 

"Untuk itu, laksanakan operasi ini dengan penuh rasa tanggung jawab, dengan dukungan penuh masyarakat," tutup jenderal bintang empat ini.

Terpisah, Kabidhumas Polda Sulteng Kombes Pol Didik Supranoto mengatakan, Polda Sulawesi Tengah beserta jajaran menyelenggarakan operasi kepolisian terpusat dengan sandi Operasi Lilin Tinombala 2021, yang dilaksanakan selama 10 (sepuluh) hari nulai tanggal 24 Desember 2021 sampai dengan 02 Januari 2022.

"Operasi ini akan dilaksanakan dengan melibatkan sebanyak 3.516 Personil gabungan TNI-Polri dan mitra Kamtibmas, serta membangun 51 Pos Pengaman dan 25 Pos pelayanan," terang Didik.

Dihimbau kepada masyarakat Sulawesi Tengah, untuk tetap mematuhi anjuran pemerintah tentang ketentuan pelaksanaan ibadah untuk mencegah penyebaran Covid-19, serta terus menjaga dan melaksanakan protokol kesehatan. 

"Selamat menjalankan ibadah Natal dan menyambut Tahun Baru 2022, semoga negeri kita dapat terlindungi dari Virus Covid-19 dan dapat merayakan Nataru dengan aman dan damai," tutur Didik.*

(Yudi/Hms)

TerPopuler