Polisi Bersemi Polres Badung dan Sampah Plastik

Rabu, 12 Januari 2022, 1/12/2022 WIB
Oleh Cinta Pradiva Alvina Ardianti

SNIPERS.NEWS | Badung - Program Polisi berkebun di masa Pandemi (Polisi Bersemi) Polres Badung, terus memanen hasil berkebun mulai dari Subak Citra, Desa Bongkasa,  Subak Tanah Yeng, Desa Sedang, kecamatan Abiansemal, Subak Abian Buana sari Belok Sidan Petang, Subak Perang dan subak Ujung Mengwi, kini memanen hasil berkebun di Subak Umadesa, Banjar pipitan Desa Canggu, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali. Rabu, (12/1) pagi 08.00 wita.

Lahan bekas TPA Canggu yang di penuhi sampah plastik dan sampah lainnya, kini menjadi ladang yang subur, asri dan sedap di pandang. 

"Meskipun kecil (6 are), namun pemanfaat ladang tandus, bisa menjadi ladang subur yang siap ditanami palawija, bahkan sudah terbukti dengan panen Terong, Kangkung dan Bunga Gumitir hari ini patut diberikan pujian kepada Kapolsek Kuta Utara Kompol Putu Diah Kuniawandari, S.I.K., S.H., dan Pekasih Umadesa dalam menjalankan program Polisi Berkebun Polres Badung," ucap Kapolres Badung AKBP Leo Dedy Defretes, S.I.K., S.H., M.H.

Kegiatan yang didukung oleh kepala desa Canggu  I Nengah Lana, S.H., melalui Penyuluh pertaniannya dan Camat Kuta Utara I Putu Eka Permana, STP.,  M.M., bisa lahan yang tadinya tandus akibat bekas tempat pembuangan akhir (TPA) kini menjadi pemandangan hijau, asri serta indah di pandang mata.


"Mari kita lakukan hal-hal yang bermanfast dan berguna bagi masyarakat," ajak Mantan Kasat PJR Ditlantas Polres Badung.

Selanjutnya kata orang nomor satu dijajaran Polres Badung 'Polisi Bersemi' ini memiliki tujuan yang sangat komplek yang Multiple, sehingga kegiatan ini akan terus berkelanjutan, karena sejalan program Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., yang Presisi.

"Awalnya berpikir, bahwa situasi Pandemi Kamtibmas akan berpotensi terjadinya kejahatan. Dari permasalahan tersebutlah kami menjawab kebutuhan akan pangan sangat penting, bila ini tidak dipenuhi akan berpotensi kerawanan terhadap Kamtibmas," bebernya.

"Kami prediktif /memprediksi situasi Kamtibmas lebih awal melalui preemtive, Preventif, agar tidak sampai pada penegakan hukum oleh fungsi reskrim, inilah alasan Polres melaksanakan Polisi Bersemi," sambungnya disela-sela memetik buah Terong.

Tidak sampai disitu, Polisi hadir di tengah masyarakat juga memiliki nilai ekonomis dengan menanam tanaman yang bermanfaat dan berguna bagi masyarakat. Seperti hari ini memanen Terong, Bunga Gumitir dan Kangkung darat.


"Kami tidak berbicara ketahanan pangan yang bersifat regional, namun tindakan kecil dan sederhana mulai dari kebutuhan keluarga bisa berniali ekonomis terasa sangat cukup dan bermanfaat bagi masyarakat," ujarnya

Beliau mencontohkan kejadian nyata di wilayah Abiansemal petani hampir kehilangan sapinya dengan modus dilepas talinya, karena adanya Polisi Bersemi, ada di tengah masyarakat, sehingga kejadian tersebut cepat dapat dicegah dan sapinya ditemukan dalam hitungan jam.

"Tidak harus membuang waktu, tidak harus berpakaian yang rapi, tidak harus mengeluarkan biaya, kejadian langsung bisa dilaporkan ditempat kejadian," terangnya.

Sampah plastik. Jika di kumpulkan bisa bernilai ekonomis. "Dua misi ini Polisi Berkebun dan Sampah Plastik menjadi tujuan kami untuk dijadikan nilai ekonomis," pungkasnya usai memberikan paket sembako kepada petani.*

(Arifin/Lilik/Hms)

TerPopuler

> Whatsapp-Button