Sempena HUT Kampung Rawang Kao Barat Ke 9, Wabup Siak Resmikan Gelanggang Gasing

Sabtu, 15 Januari 2022, 1/15/2022 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Siak - Kampung Rawang Kao Barat Kecamatan Lubuk Dalam berupaya melestarikan budaya lokal permainan tradisional gasing.
Upaya ini di dukung dengan dibangunnya fasilitas Gelanggang Gasing. 

Gelanggang Gasing diresmikan penggunaanya secara langsung oleh Wakil Bupati Siak Husni Merza, seusai melaksanakan giat bujang kampung di Kampung Jati Mulya, Jumat petang (14/1/22).

Menurut Penghulu Rawang Kao Barat H. Arifin, bahwa Kampung Rawang Kao Barat telah selesai membuat Lapangan Gasing, yang nantinya akan menjadi Icon Kampung (Desa).

Di Samping itu, Kampung Rawang Kao Barat juga akan terus membudayakan permainan rakyat. Permainan Gasing sebagai salah satu permainan yang sudah turun temurun. Agar tidak luput di telan zaman, ke depan akan dilakukan pembinaan bagi generasi gasing yang akan datang.

Peresmian Gelanggang Gasing yang diberi nama Antan Antan Ma'dun ini merupakan rangkaian dari peringatan hari jadi Kampung Rawang Kao Barat yang ke 9 tahun.

"Selain peresmian Gelanggang Gasing, juga dilaksanakan sejumlah kegiatan lain untuk memeriahkan, diantaranya jalan santai, Tournament Gasing, Volly, Badminton, Lomba Mancing dan mewarnai anak-anak,
yang akan dilaksanakan Minggu 16 Januari 2022," ucap Penghulu Kampung Rawang Kao Barat H. Arifin, yang juga sebagai Ketua FORMI Kabupaten Siak.


Dalam kesempatan itu, Wabup Siak Husni Merza menyampaikan, bahwa pihaknya siap mendukung dan sekaligus mengapresiasi para pengurus kampung serta masyarakat, yang telah secara bersama menjaga pelestarian permainan rakyat tradisional gasing.

sehingga, jelasnya, dengan adanya pendirian Gelanggang Gasing, lebih dapat mengenalkan khususnya kepada generasi muda.

"Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Siak selalu mendukung dan mengapresiasi kepada masyarakat Rawang Kao Barat, yang terus membudidayakan permainan rakyat ini. Ke depan diharapkan, ini menjadi wisata edukasi, wisata orang belajar dan di Siak ini tempat perkembangan permainan gasing tentang sejarah gasing," harap Husni Merza.

Kedepannya, diharapkan event tournamen gasing khususnya di Kecamatan Lubuk Dalam dapat terus berkembang baik ditingkat daerah, nasional bahkan hingga internasional.

"Sehingga dapat mengangkat batang terendam pelestarian permainan tradisional gasing dapat terus berkelanjutan, hingga permainan gasing dikenal luas," ucap Wakil Bupati Siak Husni Merza.*

(Gunawan. S)

TerPopuler

> Whatsapp-Button