Wabup Agara : Anggaran Dana Desa Seyogyanya Penyelesai Masalah, Buka Malah Jadi Masalah

Minggu, 02 Januari 2022, 1/02/2022 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Agara - Wakil Bupati (Wabub) Aceh Tenggara (Agara) Bukhari Buspa mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama menyelesaikan masalah bukannya mencari masalah, agar bisa hidup rukun dan aman.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Agara Bukhari Buspa, saat menemui beberapa wartawan di ruang kerjanya, Jumat (31/12/21).

Ia juga berpesan melalui awak media, agar masyarakat bisa bersama-sama mencegah penyalahgunakan narkoba dan hal yang lain lain di desa masing-masing.

"Itupun jika kita memang peduli terhadap generasi muda penerus kita yang ada di desa, umumnya di Kabupaten Aceh Tenggara ini," ungkapnya dihadapan awak media.

Dalam kesempatan ini, Bukhari kembali mengingatkan akan bahaya narkoba. Masyarakat harus bisa peduli terhadap desanya, dalam hal pencegahan narkotika. 

Dari Dana Desa, jelas Wabup, bisa juga nantinya dianggarkan untuk penyuluhan anti narkotika, supaya bisa menyelamatkan generasi muda dari bahaya penyalahgunaan narkoba.


"Mari rencanakan dan eksien. Kalau bisa setiap dusun turut andil dalam pencegahan masalah terhadap generasi muda kita, dari hal-hal yang tidak kita inginkan. Dari Dana Desa juga bisa dianggarkan untuk pencegahan narkoba. Seperti diadakan  penyuluhan, agar generasi kita tidak terjerumus kepada Narkoba," papar Wabup.

Wabup Bukhari juga mengharapkan, supaya Kepala Desa bisa memasukkan dalam anggaran desa melalui Musdus, Musdes dan sampai ke Musrembang Kecamatan, bila perlu sampai ke Musrembang Kabupaten.

"Karena, dengan Musdus atau Musrenbang untuk mengajukan apa kekurangan di dusun masing-masing atau pun di desa, agar dapat membantu masyarakat untuk menyelesaikan masalah, bukan untuk menjadi masalah," ungkapnya.

"Jadi yang menjadi problem selama ini dalam bahasa daerah "tahat". Seharusnya kan kita tahat untuk pencegahan. Selama ini Pemerintah Daerah sudah sering menyampaikan kepada Kepala Desa yang ada di Aceh Tenggara, seperti pada saat berjamaah subuh, pada saat pembukaan acara juga sudah sering disampaikan, bahwa Dana Desa itu untuk menyelesaikan masalah bukan menjadi masalah," tegas Wabup.

Jadi untuk kedepannya, tegasnya lagi, agar para Kepala Desa dapat bersama-sama untuk turut andil dalam pencegahan narkoba maupun tentang Anggaran Dana Desa, supaya masyarakat aman dan nyaman.

"Karena selama ini yang kita lihat bukan pencegahan masalah, malah jadi masalah. Sebab, selama ini sudah banyak bantuan secara kelompok maupun perorangan, serta ada yang dianggarkan dari Dana Desa seperti BLT Desa. Hal itu malah jadi masalah, bukan menyelesaikan masalah," tutup Wabup.*

( Dalisi )

TerPopuler

> Whatsapp-Button