9 PAC Partai Demokrat Malteng Tolak LPJ Theimailatu di Muscab Bersama 11 DPC PD Se Maluku

Kamis, 24 Februari 2022, 02:01 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Ambon - Musyawarah Cabang (Muscab) Partai Demokrat Kabupaten-Kota se Maluku baru saja dilaksanakan, bertempat di Hotel Aston Natsepa Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah pada 21 - 22 Februari 2022.

Hal ini disampaikan oleh Ketua DPAC Kecamatan Seram Utara Ramadhan Lubis, yang menjadi juru bicara dari 9 DPAC di Kabupaten Maluku Tengah kepada Media ini di Kota Ambon, Rabu (23/2/2022).

Ramadhan Lubis dengan tegas menyatakan, bahwa semestinya ada 10 Pimpinan Anak Cabang yang sudah mendukung calon Hi. Djailani Tomagola, sebagai calon Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Maluku Tengah. 

"Alasan kami memberikan apresiasi dan dukungan besar ini, karena menurut kami dari 10 Pimpinan Anak Cabang dengan berbagai evaluasi terhadap kinerja Ketua DPC demisioner, yang selama ini tidak punya kemampuan untuk menata struktur partai yang begini besar, bahkan kantor partai saja tidak jelas adanya. Artinya kenapa saya katakan seperti itu, karena kantor Partai Demokrat di Kabupaten Maluku Tengah selalu berpindah-pindah tempat," ujarnya.

Apalagi mau konsulidasi partai ke simpul partai yang bawah, "saya mau katakan bahwa ketua demisioner dalam setahun mungkin satu kali atau tidak pernah sama sekali, dan kalaupun turun bukan untuk konsolidasi partai tetapi ada keperluan pribadi yang terselip saat itu," paparnya.

Kemudian yang lebih parah lagi soal  konsolidasi internal Partai Demokrat baik di tingkat Kabupaten maupun di tingkat Kecamatan.

"Apakah seperti ini kita menata partai, olehnya itu kami 9 PAC menyatakan dengan tegas menolak LPJ Saudara Semuel Theimailatu ketua demisioner dalam Musyawarah Cabang bersama 11 DPC Kabupaten - Kota Se Maluku. Semestinya kita berjumlah 10 DPAC yang memberikan dukungan, akan tetapi kawan yang satu entah seperti apa melarikan diri atau kami menduga kawan kita dirampok atau diculik. Akhirnya, kita 9 DPAC berkomitmen untuk terus bersama Bapak Hi Djailani Tomagola, apapun konsekuensinya tetap kita terima," ungkapnya.

Untuk itu, 9 DPAC berharap kepada Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono sebagai Ketua Tim 5 dan Sekjen, Ketua OKK Pusat, Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Maluku Roy Erwin Pattiasina dan Sekretaris DPD untuk melakukan musyawarah dan mufakat, guna menetapkan Ketua DPC Partai Demokrat yang terbaik.

"Harus memiliki kemampuan untuk menata partai sampai pada level yang bawah, yaitu Ranting dan Anak Ranting. Disisi yang lain, ketokohan di masyarakat sebagai seorang pimpinan partai di tingkat Kabupaten. Hal ini  sangatlah penting, karena dengan ketokohan tersebut Partai Demokrat akan lebih besar karena sosok pemimpinnya.

Ditempat terpisah, salah satu pengurus Partai Demokrat Kabupaten Maluku Tengah demisioner yang namanya tidak mau disebutkan menyatakan, bahwa dirinya dan beberapa pengurus termasuk 9 DPAC yang menolak LPJ Semuel Theimailatu, adalah sesuatu yang sangat bijaksana.

"Karena teman teman di tingkat Kecamatan termasuk kita di tingkat Kabupaten membutuhkan perubahan. Oleh sebab itu, penolakan 9 DPAC patut kita bangga karena merekalah yang memiliki basis partai bukan kita di kabupaten atau di provinsi yang punya basis tapi mereka di kecamatan, di ranting maupun anak ranting," jelasnya.

Sehingga rasa kekecewaan yang disampaikan Ramadhan Lubis selaku Ketua DPAC Kecamatan Seram Utara, menjadi bahan pertimbangan Tim 5 yang diketuai oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.

"Kita pengurus di tingkat kabupaten pun merasakan hal serupa yang dialami oleh 9 DPAC dan kita pun ditinggalkan begitu saja, tapi ada hajatan partai baru di telpon atau di Wa, bagaimana kita mau maju kalau pimpinan kita bekerja tiba saat tiba akal, dan hal ini tidak boleh dipakai, kalau di pakai, mohon maaf saya menduga hanya untuk kepentingan pribadi atau kelompok tertentu, yang pada akhirnya merusak citra partai di Kabupaten Maluku Tengah," tegasnya.

"Dan sebagai Kader Partai Demokrat, saya  menyampaikan dengan hormat kepada Tim 5 dan mengharapkan kepada Ketua Umum sebagai otoritas partai dan Sekjen, Ketua OKK Pusat Roy Erwin Pattiasina sudaraku yang bermurah hati dan Bapak Sekretaris, untuk arif dan bijaksana serta dapat menyelamatkan Partai Demokrat di Kabupaten Maluku Tengah atau di tanah Seram," ungkapnya.

Terakhir, dirinya sangat berharap kepada Tim 5  disaat musyawarah mufakat dan menetapkan Ketua Cabang Partai Demokrat di Kabupaten Maluku Tengah ke depan dari kedua kandidat tersebut, dengan ketokohan yang sudah teruji khususnya di seantero  masyarakat Maluku Tengah.

Saudaraku, tuang hati jantong Hi Djailani Tomagola memiliki ketokohan dan paham kehidupan masyarakat Maluku Tengah sebelum menjadi Anggota DPRD dan sampai menjadi anggota DPRD. Kita harus menyadari sungguh, bahwa Hi Djailani Tomagola terpilih sebagai anggota DPRD Kabupaten Maluku Tengah dan beberapa Anggota DPRD Maluku Tengah dari Partai Demokrat itu karena ketokohan mereka," jelasnya.

Dia juga menceritakan tentang lahirnya DPAC partai yang ada di 18 kecamatan dalam wilayah Kabupaten Maluku Tengah, itu sudah ada sejak partai Demokrat berada di Maluku Tengah, jauh sebelum Ketua cabang demisioner itu ada.

"Oleh karena itu, kita harus akui, jika penolakan dari 9 DPAC terharap LPJ Saudara Semuel Theimailatu dan penolakan tersebut saya berharap kepada Tim 5  dalam merumuskan, melihat dengan saksama saat musyawarah mufakat, menetapkan dan memutuskan Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Maluku Tengah yang terbaik serta melihat, memperhatikan teman teman 9 DPAC yang menolak LPJ Saudara Semuel Theimailatu, itulah harapan kami di Kabupaten Maluku Tengah," tutupnya.*

(Ajid Tomagola)

TerPopuler

> Whatsapp-Button