Bupati Simalungun Buka Secara Resmi MTQ Ke 48 Kabupaten Simalungun Tahun 2022

Kamis, 24 Februari 2022, 01:50 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Simalungun - Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke 48 Kabupaten Simalungun tahun 2022 secara resmi dibuka oleh Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga bersama Wakil Bupati H. Zonny Waldi yang ditandai pemukulan beduk, bertempat di lapangan bola kaki Dobana Kelurahan Serbalawan Kecamatan Dolok Batu Nanggar, Kabupaten Sumalungun, Sumut, Rabu (23/2/2022).

Selain pemukulan beduk, pembukaan MTQ tersebut juga ditandai dengan pemukulan gonrang oleh unsur Forkopimda dan pelepasan balon oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Simalungun Ny. Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga.

Sebelum dibuka, pelaksanaan MTQ itu diawali dengan pembacaan Ayat Suci Al Qur’an oleh Ahmad Qori Dunya Asli, yang dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, pengibaran bendera LPTQ yang diringi dengan mars MTQ dan defile kontingen dari 32 Kecamatan diterima langsung oleh Bupati bersama Wakil Bupati, Ketua DPRD, Kajari. 

Tema yang diusung pada pelaksanaan MTQ tersebut "Dengan Semangat MTQ  Wujudkan Simalungun Sejahtera Melalui Nilai-Nilai Al-Qur'an".

Dalam sambutannya, Bupati Simalungun menyampaikan apresiasi kepada Ahmad Qori Dunya Asli pembaca Al-Qur’an, yang begitu syahdu dan membuat nyaman dihati mendengarnya. "Luar biasa," kata Bupati.

Selain itu, Bupati juga menyampaikan apresiasi terhadap defile kontingen dari kecamatan yang begitu luar biasa. "Itulah keberagaman yang kita pupuk bersama, dalam rangka kebhinekaan pada acara MTQ hari ini dan mendapat dukungan dari lintas agama di Kabupaten Simalungun," ucap Bupati.

Selanjutnya Bupati mengharapkan, MTQ tersebut tidak sebagai acara serimonial yang setiap tahun dilaksanakan, akan tetapi acara yang sangat mulia ini diharapkan menjadi perekat buat masyarakat di Kabupaten Simalungun.

"Mari kita tingkatkan ini, karena adalah salah satu yang bisa mengakomodir kebinekaan di Simalungun," kata Bupati.

Disampaikan Bupati, bahwa Pemerintah Kabupaten Simalungun sangat mendukung penuh acara keagamaan khususnya MTQ. "Tentu kebersamaan, kebersatuan kita selama ini menjadi perhatian pemerintah pusat, dengan memberikan bantuan kepada Kabupaten Simalungun," kata Bupati.

Untuk itu, melalui pelaksanaan MTQ ini, Bupati mengajak kepada masyarakat untuk bersama-sama bergandengan tangan, bahu membahu untuk mempercepat pembangunan di Kabupaten Simalungun ‘Tanoh Habonaron Do Bona’.

Sementara itu, Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani menyampaikan, bahwa pelaksanaan MTQ merupakan salah satu program Pemkab Simalungun dalam pembinaan keagamaan khususnya dalam agama muslim. 

"MTQ, pertandingan membaca Qur’an. Pada MTQ ini, peserta akan bertanding membaca Qur’an, akan tetapi bagaimana peserta bisa menggali nilai-nilai yang ada di dalam Al-Qur’an sehingga bisa menjadi pedoman hidup," kata Timbul.

"Diharapkan, dengan MTQ inilah akan tercipta masyarakat, ummat yang rendah diri. Kami dari DPRD Simalungun menyambut dengan gembira pada pelaksanaan MTQ yang dilaksanakan ini, sehingga ke depan tujuan dari MTQ ini dapat menciptakan generasi muda yang handal dan berakhlak serta rendah diri," tambah Timbul Jaya Sibarani, sembari mengajak masyarakat untuk sama-sama mendukung Program Pemkab Simalungun dalam mewujudkan masyarakat harus sejahtera. 

Sebelumnya, Ketua Panitia Riando Parlindungan Purba melaporkan, bahwa pelaksanaan MTQ ke-48 Kabupaten Simalungun diikuti oleh peserta sebanyak 479 orang yang berasal dari dari 32 Kecamatan. 

Cabang yang diperlombakan yaitu cabang Mujawwad 4 golongan, Tahfiz 5 golongan, Fahmil Qur’an 1 golongan, Syarhil Qur’an 1 golongan, Khattil 4 golongan.

"Keseluruhannya akan dilaksanakan mulai besok 24 Februari hingga berakhir 26 Februari 2022. Selamat bertanding kepada peserta, dan semoga dapat menampilkan penampilan yang terbaik. Mari kita ikuti protokol kesehatan yang berlaku saat ini," kata Riando.

Di kesempatan tersebut, Bupati Simalungun didampingi Wakil Bupati melantik dewan hakim MTQ ke-48 Kabupaten Simalungun tahun 2022, yang dilanjutkan dengan  pelaksanaan Baiat oleh Kakan Kemenag Simalungun Sakoanda Siregar.

Tampak hadir antara lain Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani bersama beberapa Anggota DPRD, Kajari Simalungun Bobbi Sandri, Wakapolres Kompol Efianto, mewakili Dandim 0207/Sml Kapten Inf Hairul Hadi, Sekda Esron Sinaga bersama para Staf Ahli Bupati, Asisten dan pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Simalungun, para Camat, Ketua MUI H Abdul Halim Lubis, Ketua PA Simalungun Sri Hartati, Ketua LPTQ Provsu H Asren Nasution dan Ketua LPTQ Simalungun Ir Ramadhani Purba, Kepala BNN Kabupaten Simalungun Kompol Suhana Sinaga, Ormas Islam, OKP dan masyarakat.*

(PN)

TerPopuler