Cegah Meningkatnya Covid -19, Polres Probolinggo Gelar Ops Yustisi Prokes

Selasa, 08 Februari 2022, 2/08/2022 WIB
Oleh TAUFIQ PERS


SNIPERS.NEWS | Probolinggo - 
Kepolisian Resor (Polres) Probolinggo terus berupaya untuk menekan angka kasus penyebaran Covid-19. Oleh karena itu, pihaknya menggelar operasi protokol kesehatan (prokes) dan yustisi yang dilakukan di tiap tiap kecamatan dan desa secara serentak, sebagai upaya untuk kembali mengingatkan masyarakat untuk tetap mematuhi penerapan prokes.

Kapolres Probolinggo, AKBP Teuku Arsya Khadafi mengatakan bahwa operasi prokes dan yustisi telah digelar sejak awal bulan Januari 2022 dan akan terus digelar pada setiap hari, yang di komandoi oleh para Kapolsek dan Forkopimka pada setiap kecamatan di Kabupaten Probolinggo.

“Kami ingin mengingatkan masyarakat terutama yang melanggar prokes, agar tidak abai dan tetap disiplin. Sebab, pandemi Covid-19 ini masih belum berakhir,” kata AKBP Teuku Arsya Khadafi, Selasa (8/2/2022).
                         

Kapolres Probolinggo menjelaskan, pada pelaksanaan operasi prokes dan yustisi menyasar kepada para pengguna kendaraan dan tempat-tempat keramaian. Tentunya para Kapolsek juga dibantu oleh personel gabungan yang akan memastikan kesehatan para pelanggar, dengan melakukan pemberian masker dan swab antigen.

“Apabila nanti terdapat pelanggar yang dinyatakan positif swab antigen, maka akan langsung dilakukan swab PCR. Di awal Januari 2022 kemarin belum ada laporan pelanggar yang kedapatan positif swab antigen,” terang dia.

Kapolres Probolinggo menambahkan bila kegiatan operasi prokes dan yustisi tersebut juga digelar setiap kecamatan setiap hari. Sasarannya adalah tempat keramaian seperti pasar dan beberapa jalan tertentu.

“Hampir di semua kecamatan itu mereka setiap hari melakukan operasi prokes dan yustisi. Sasarannya adalah lokasi keramaian dan pengendara kendaraan yang abai,” imbuhnya.

Hasilnya, sejak awal Januari 2022 hingga saat ini, rata-rata terdapat 100 hingga 200 pelanggar prokes yang telah dilakukan swab antigen. Sedangkan untuk jumlah personel gabungan yang diterjunkan, sebanyak 30 personil ikut menjaga pelaksanaan pada masing masing operasi prokes dan yustisi yang terdiri dari Polres Probolinggo, Kodim 0820/Probolinggo, Satpol PP, dan tenaga kesehatan di puskesmas setempat.

“Targetnya adalah disiplin prokes, kita juga memberikan sanksi teguran lisan kepada pelanggar. Selain itu, melakukan testing dengan menggelar swab hunter dan pemberian masker,” pungkas Kapolres Probolinggo.*

Pewarta : Taufiq
Sumber  : Humas Polres

TerPopuler

> Whatsapp-Button