Pangdam Perintahkan Apkowil Kodam IX/Udayana Menjadi Bagian Solusi Bagi Masyarakat

Kamis, 24 Februari 2022, 19:09 WIB
Oleh Cinta Pradiva Alvina Ardianti

SNIPERS.NEWS | Buleleng - Aparat Komando Kewilayahan (Apkowil) utamanya Bintara Pembina Desa (Babinsa) harus bisa menjadi bagian solusi ditengah kesulitan masyarakat dan bisa mencari jalan keluar kesulitan yang dialami oleh masyarakat desa binaannya. 

Demikian ditegaskan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., saat memberikan pengarahan kepada Prajurit dan PNS Satuan Jajaran di Makodim 1609/Buleleng, Jalan Gajah Mada No. 142, Kecamatan Buleleng, Kabupateng Buleleng, pada Kamis (24/2/2022).

Selain itu melaksanakan tugas harus sopan, santun, rendah hati dan tidak dengan sikap arogan. Karena tugas TNI khususnya di wilayah selain melaksanakan tugas pokok juga melaksanakan tugas yang bersinergi dengan instansi terkait lainnya termasuk dengan masyarakat seperti program vaksinasi, pendisiplinan Prokes, termasuk pemasangan Pompa Hidram.

Menyinggung kehidupan prajurit, Pangdam mengajak untuk pintar-pintar mengatur keuangan dan jangan bergaya hidup konsumtif. Kalau harus berhutang seperti kebutuhan anak sekolah ataupun untuk menyiapkan tempat tinggal dimasa depan, upayakan pemenuhan kebutuhan sehari-hari tetap teratasi. 

“Jadi hindari berhutang, karena hutang itu enak minjamnya dan tidak enak membayarnya. Terutama hanya sekedar gaya hidup semata atau gengsi,” ujarnya.


Sebagai wujud perhatian dan sayang kepada prajurit yang dipimpinnya, jenderal bintang dua itu mengharapkan agar bisa menabung, karena tidak ada yang bisa menjamin bila saatnya pensiun. Jangan sampai hal tersebut menjadi sesuatu menakutkan dihari tua.

“Hindari hutang, berhemat, kelola hidup dengan baik dan jangan membuat pelanggaran sekecil apapun,” demikian pesan yang selalu disampaikan Mayjen TNI Sonny Aprianto kepada prajurit yang dipimpinnya. 

Menyikapi pandemi Covid-19, utamanya bagi Apkowil yang tugasnya bersentuhan langsung dengan masyarakat. Pangdam menegaskan untuk betul-betul menegakkan pendisiplinan protokol kesehatan dengan cara-cara yang santun dan persuasif, karena harus disadari masyarakat sebenarnya sudah jenuh dengan kondisi pandemi Covid-19.

Saat berlangsung kegiatan kunjungan kerja (Kunker) Pangdam IX/Udayana yang didampingi Danrindam IX/Udayana, Asrendam IX/Udayana, para Asisten Kasdam IX/Udayana, Kazidam IX/Udayana dan Kapendam IX/Udayana tersebut, disambut oleh Dandim 1609/Buleleng bersama para Pejabat Forkopimda Kabupaten Buleleng dan Prajurit serta PNS Satuan Jajaran Kodam IX/Udayana di wilayah Kabupaten Buleleng.*

(Arifin/Lilik/Kapendam IX/Udayana)

TerPopuler

> Whatsapp-Button