Tragis !!, I Wayan Santiasa Tewas Gantung Diri di Kebun Miliknya

Saturday, February 19, 2022, 20:46 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Badung - Kepolisian Resor Badung terus disibukan oleh orang meninggal dunia dengan cara ulah pati (gantung diri). Seminggu yang lalu terjadi di Polsek Mengwi, kini terjadi di lingkungan Banjar Wanakeling, Desa Sulangai Kecamatan Petang, Badung, Sabtu (19/2/22) pukul 12.00 Wita.

I Wayan Santiasa (43) gantung diri pada pohon boni di tegalan (kebun) miliknya, tragisnya, ia ditemukan sudah tidak bernyawa oleh istrinya sendiri yaitu Ni Made Sariasih (40).

Kapolsek Petang I Nyoman Budiasa, S.H., menyebutkan, korban yang bekerja sebagai petani itu gantung diri menggunakan tali plastik warna biru dengan ukuran panjang 3 meter.

"Tali yang diikat pada dahan pohon boni tersebut menjerat leher korban, pada saat ditemukan oleh istri tercintanya, korban memakai topi warna biru, baju kaos lengan panjang warna coklat, celana panjang warna hitam, dan sepatu warna hitam," ungkapnya.

Sayangnya, korban kelahiran 4 Oktober 1978 itu dinyatakan meninggal dunia setelah diperiksa oleh tim medis dari Puskesmas Petang 1 yang datang langsung ke TKP.  Setelah dinyatakan meninggal dunia oleh tim medis, jenazah korban langsung dibawa ke rumah duka.

"Hasil pemeriksaan petugas medis dari Puskesmas Petang I korban sudah dinyatakan meninggal dunia sekitar 2 jam sebelum ditemukan," kata Kapolsek Petang.

"Pada tubuh korban ditemukan luka bekas jeratan melingkar pada leher, kemaluan mengeluarkan sperma, dan dubur mengeluarkan kotoran," ungkap AKP Budiasa.

Ia juga mengatakan, ada dua saksi lain selain Ni Made Sariasih yang merupakan istri dari korban yang dimintai keterangan, yakni I Wayan Lotra (55) dan I Nyoman Sumayasa (36) Keterangan dari saksi Wayan Lotra bahwa dia mengetahui peristiwa itu setelah mendengar teriakan minta tolong dari Made Sariasih. Saat itu Wayan Lotra sedang menyabit rumput di tegalannya.

Mendengar teriakan minta tolong itu, Wayan Lotra menuju ke sumber suara. Saat tiba di TKP, Wayan Lotra melihat Made Sariasih tidur di tanah dan memeluk korban yang sudah diturunkan dari gantungannya pada dahan pohon boni. 

Melihat pemandangan itu, Wayan Lotra menghubungi Nyoman Sumayasa. Wayan Lotra meminta tolong memberitahu warga bahwa telah terjadi peristiwa gantung diri di dekat tegalannya.

Akhirnya, kabar tentang peristiwa itu dilaporkan ke Polsek Petang dan Puskesmas I Petang. 

"Sekitar pukul 12.30 Wita tim medis dari Puskesmas Petang 1 tiba di lokasi untuk mengecek kondisi korban. Ternyata korban sudah dinyatakan meninggal dunia. Pihak keluarga langsung mengevakuasi jenazah korban ke rumah korban sendiri untuk disemayamkan," beber Kapolsek Petang I Nyoman Budiasa, S.H.*

(Arifin/Lilik/Hms) 

TerPopuler