Beri Pembekalan Rapim Kodam Pattimura, Gubernur Lemhanas : Indonesia Miliki Kerawanan Strategis

Kamis, 17 Maret 2022, 07:39 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Ambon - Rapat Pimpinan TNI-Polri Tahun 2022, digelar pada Selasa 1 Maret 2022 di Plaza Markas Besar (Mabes) TNI, Cilangkap, Jakarta Timur dan Rapim TNI AD di Mabesad pada Rabu, 02 Maret 2022 beberapa waktu lalu.

Menyikapi hal itu, Kodam XVI/Pattimura menggelar Rapat Pimpinan (Rapim) yang diselenggarakan di Makorem 151/Binaiya, Rabu (16/03/2022). 

Kegiatan yang mengangkat tema "Prajurit Kodam XVI/Pattimura Sejahtera dan Profesional Sebagai Pilar TNI AD Dalam Mendukung Pemulihan Ekonomi Dan Reformasi Struktural di Maluku dan Maluku Utara" dibuka langsung oleh Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon. 

Dalam sambutannya, Pangdam mengatakan, bahwa Rapim ini merupakan lanjutan dari Rapim TNI dan Rapim TNI AD, untuk lebih memahami dan menjabarkan pokok- pokok kebijakan Panglima TNI dan KASAD.

"Kegiatan Rapim Ta 2022 mempunyai sasaran agar terwujudnya kesamaan pola pikir, pola sikap dan pola tindak unsur pimpinan yang selaras dengan kebijakan Pangdam dalam pelaksanaan program kerja dan anggaran, untuk mencapai kinerja yang optimal dalam tugas- tugas Kodam XVI/ Pattimura," kata Pangdam.

Dalam kegiatan Rapim ini juga diisi pembekalan-pembekalan kepada peserta Rapim, yaitu Pembekalan Aplikasi Sakti oleh Kepala KPPN Ambon Tukima, S.E., M.M. dan pembekalan oleh Gubernur Lemhanas, Dr. Andi Widjajanto, S.SoS., M.Sc., yang hadir usai dilantik beberapa waktu lalu oleh Presiden RI. 

Disela kegiatan Rapim Kodam ini, juga dipaparkan program unggulan Kodam XVI/Pattimura, yaitu "Mutiara Pattimura" oleh Pa Ahli Bidang Hukum dan Humaniter Kolonel Arh GTH Hasto Respatyo. 

Selanjutnya Gubernur Lemhanas dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pangdam, yang menyambut dengan hangat pada kunker keluar daerah perdananya sebagai Gubernur Lemhanas.


Sebagai Gubernur Lemhanas ke-17, ia menyampaikan Lemmbaganya mempunyai fungsi meliputi pendidikan strategis nasional, kajian strategis baik level global regional maupun nasional, deputi kebangsaan serta laboratorium nasional. 

Ia juga menyinggung soal doktrin TNI AD terbaru yang sedang dalam proses penyelesaian oleh Lemhanas. 

"Kami masih menggodok doktrin yang dirumuskan pada masa Jenderal TNI Andika Perkasa. Saat ini ada 40 doktrin baru, juga kami memakai doktrin perang gerilya yang diambil dari buku Jenderal Nasution," terangnya.

Menurut Gubernur Lemhanas, melihat dari letak geografis Indonesia yang terletak diantara dua benua, dua samudera dan dua kekuatan militer besar, ia menilai Indonesia memiliki kerawanan strategis.

Ia juga mengatakan letak Indonesia saat ini tidak bisa lagi dikatakan pada posisi strategis lagi, namun justru memiliki kerawanan strategis. 

"Mengapa kerawanan strategis? Karena terletak diantara dua benua, dua samudera, terletak diantara Pangkalan Marinir di Darwin dan kapal selam bertenaga nuklir, gelar pasukan di pangkalan angkatan laut  Inggris Indo Pasifik dan gelar pasukan di Laut Cina Selatan yang yang setiap saat dapat mengancam Indonesia," jelas Gubernur Lemhanas.

Adapun peserta Rapim Kodam XVI/Pattimura TA 2022 kali ini diikuti oleh 84 orang peserta, yang hadir langsung secara tatap muka. 

Melalui Rapim ini juga, para Asisten Kasdam XVI/Pattimura memaparkan program kerja anggaran baik bidang Intelijen, Operasi, Teritorial dan Personel. Kegiatan Rapim berjalan tertib, khidmat serta senantiasa menerapkan protokol kesehatan.*

(Ajid Tomagola)

Sumber : Pendam16

TerPopuler

> Whatsapp-Button