Dandim 0322 Siak Resmikan Kampung Pancasila di Wilayah Koramil 02/SA

Jumat, 11 Maret 2022, 20:15 WIB
Oleh Cinta Pradiva Alvina Ardianti

SNIPERS.NEWS | Siak - Dandim 0322 Siak Letkol Inf. M. Faisal Effendi, S.I.P. meresmikan Kampung Pancasila di Kayuara, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Provinsi Riau, Jum'at (11/03/2022).

Acara tersebut digelar di lapangan MDA Kampung Sungai Kayuara, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, yang dihadiri oleh Dandim 0322/Siak Letkol Inf M. Faisal Effendi, S.I.P., Asisten III Setda Siak Drs. Jamaludin, M.Si., Kadis Pariwisata Siak H. Djumotias, S.Sos., M.Si., Korwil Pendidikan Kecamatan Sungai Apit Syahroni, S.Pd., M.Pd., dan Camat Sungai Apit Wahyudi, S.S.T.P.

Hadir juga AKP Ahmad Dani Kapolsek Sungai Apit AKP Ahmad Dani, Kepala KUA Sungai Apit Kamarizon, S.H.I., Kapus Sungai Apit Dr. H. Adrian Hidayat, Lurah Sungai Apit Susandi dan Penghulu Se Kecamatan Sungai Apit serta Para Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama Kecamatan Sungai Apit.

Menurut Dandim 0322 Siak Letkol Inf M. Faisal Effendi, kegiatan peresmian Kampung Pancasila ini adalah merupakan instruksi dari Kasad dan Pangdam I/Bukit Barisan, yang mana disetiap Kabupaten harus menyiapkan satu Kampung Pancasila.

"Kegiatan ini sebagai contoh awal dari terbentuknya Kampung Pancasila, yang tujuannya adalah sebagai media bagi masyarakat untuk bisa mengaplikasikan apa-apa saja yang ada dalam pancasila," ujar Dandim.


Untuk Kabupaten Siak sendiri, pembentukan Kampung Pancasila baru yang pertama sekali di bentuk, yaitu di Kampung Kayuara Kecamatan Sungai Apit. Yang mudah-mudahan setelah Kecamatan Sungai Apit, Kampung Pancasila di kecamatan-kecamatan lain di Kabupaten Siak juga secepat akan terbentuk.

Asisten III Sekda Kabupaten Siak Drs. Jamaludin, M.Si., menyambut baik dengan adanya peresmian Kampung Pancasila di Kabupaten Siak ini.

"Mudah-mudahan masyarakat Kabupaten Siak terkhusus generasi muda bisa benar-benar memahami dan mengerti akan makna dari pancasila tersebut, sehingga nantinya bisa kita terapkan dalam kehidupan kita sehari-hari," ungkap Jamaludin.

Sementara, Camat Sungai Apit Wahyudi, S.S.T.P., sangat berterima kasih kepada Kodim 0322 Siak, yang mana telah memberikan kepercayaan kepada Kecamatan Sungai Apit untuk yang pertama sekali dibentuknya Kampung Pancasila di Kabupaten Siak.

"Mudah-mudahan, dengan dibentuknya Kampung Pancasila ini masyarakat di Kecamatan Sungai Apit lebih bisa memaknai arti dari pancasila tersebut," jelas Camat.*

(Gunawan. S)

TerPopuler

> Whatsapp-Button