Kapolres Siantar Pimpin Pemulangan Aksi Solidaritas Masyarakat Pekerja PT. WGM

Jumat, 11 Maret 2022, 23:48 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Siantar - Kapolres Pematangsiantar AKBP Boy Sutan Binanga Siregar, S.I.K., pimpin pemulangan masyarakat pekerja PT. Wahana Graha Makmur (WGM) Kabupaten Dairi, yang melaksanakan aksi selama 3 hari di Kantor Dinas Tenaga Kerja UPT Pengawasan Ketenagakerjaan Wilayah III Provinsi Sumut, di Jalan H. Adam Malik No.78 Kelurahan Simarito Kecamatan Siantar Barat Kota Pematangsiantar, Jumat 11 Maret 2022 pukul 14.00 Wib.

Sebelum menemui pengunjukrasa, Kapolres terlebih dahulu melakukan apel kesiapan terhadap Personil Polres pematangsiantar, Satpol PP Kota Pematangsiantar dan KPAI Kota Pematangsiantar, terkait langkah apa yang harus dilakukan oleh personil terutama para Polwan, dimana para aksi di dominasi para kaum ibu yang sedang membawa anak bayi agar tetap humanis.

Pihak PT. WGM Dairi sebelumnya sempat membacakan dan menyampaikan tuntutan, yang berisikan penolakan untuk membayarkan hak dan kewajiban para pekerja.

Kemudian, Kapolres Pematangsiantar melalui Kabag Ops Kompol Lamin, S.Pd., memberikan himbauan kepada para pekerja, supaya kembali ke Kabupaten Dairi namun para pekerja aksi solidaritas tidak terima.


Setelah Kapolres bersama dengan Polwan dengan humanis memberikan pemahaman kepada para pekerja dapat menerima keputusan dari PT. WGM, yang dibacakan oleh pihak UPT Pengawasan Ketenagakerjaan Wilayah III Provinsi.

Pada kesempatan itu, Kapolres menyampaikan, bahwa aksi yang dilakukan oleh masyarakat berasal dari Kabupaten Dairi, yang di dominasi kaum ibu. Peserta aksi sendiri sudah melakukannya selama 3 hari di Kantor Dinas Tenaga Kerja UPT Pengawasan Ketenagakerjaan Wilayah III, yang bekerja di PT. WGM.

Para aksi ini datang ke Kota Pematangsiantar tidak memiliki ijin melaksanakan unras, dan tidak melaporkan kepada Satgas Covid-19 yang sudah menginap 2 malam, sementara Kota Pematangsiantar masih level III.

"Sehingga kita melakukan upaya-upaya sesuai dengan SOP untuk memulangkan para aksi ke Kabupaten Dairi, yakni dengan menyediakan angkutan yang bekerjasama dengan Pemko Pematangsiantar," jelas AKBP Boy Sutan Binanga *

(PN)

TerPopuler