Kodam Pattimura Gelar Malam Silaturahmi Bersama Gubernur Lemhanas, Bahas Blue Economy

Kamis, 17 Maret 2022, 21:27 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Ambon - Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon mengadakan malam silaturahmi bersama Gubernur Lemhanas Dr. Andi Widjajanto, S.Sos., M.Sc., di Tenis Indoor, Tapal Kuda, Air Salobar, Ambon, Kamis (17/03/2022). 

Tak hanya Gubernur Lemhanas, silaturahmi ini juga turut mengundang Forkopimda Provinsi Maluku dan para tokoh masyarakat Maluku. 

Pangdam dalam sambutannya mengatakan, malam silaturahmi ini digelar sebagai sarana sambung rasa antar tokoh, berdiskusi dan menemukan solusi. 

"Kami berterima kasih kepada Gubernur Lemhanas, yang disela-sela kesibukannya meluangkan waktu untuk hadir bersama-sama kami," ucap Pangdam. 

Pada acara itu, Gubernur Lemhanas mengatakan, setelah dilantik, ia fokus terhadap lima isu. Yang pertama adalah ekonomi hijau atau green economy.

"Kami akan fokus membantu pemerintah melakukan kajian-kajian, menyiapkan pemimpin bangsa yang siap menghadapi climate change (perubahan iklim), yang mana di Maluku nanti akan terasa ketika air laut perlahan naik, banyak pulau-pulau yang tiba-tiba lenyap karena pencairan es," katanya. 

Sedangkan topik selanjutnya yaitu mengenai ekonomi biru, transformasi digital, Ibukota Negara, dan konsolidasi demokrasi. 


"Saya mendapat tugas khusus dari Presiden utamanya pada "Ekonomi Biru" yang mengkaji soal ketahanan pangan, dihadapkan dengan konflik yang terjadi antara Rusia dan Ukraina yang akan berdampak pada impor kebutuhan, khususnya dari Rusia," terang Gubernur Lemhanas. 

Ia juga mengatakan, Ekonomi Biru kedepannya akan menjadi kontributor utama pertumbuhan ekonomi Indonesia. 

"Saat ini pertumbuhan ekonomi Indonesia nomor satu, didorong oleh ekspor komoditas strategis terutama bahan mentah. Dua hingga tiga tahun lagi sudah tidak boleh ekspor bahan mentah. Jadi, perlu ada ketegasan politik," ungkapnya. 

Selain ekspor komoditas strategis, bidang lainnya adalah manufakturing, sektor pariwisata, sektor jasa, lalu yang bersumber dari ekonomi biru.

"Dalam empat tahun ke depan, diperkirakan pertumbuhan ekonomi devisa kita sumbangannya dari sektor pariwisata. Tapi dalam 8 tahun ke depan, sektor utamanya yaitu produk dari ekonomi biru. Maluku akan jadi pusat bertumbuhnya ekonomi biru Indonesia bahkan dunia," jelasnya. 

Malam silaturahmi tersebut ditutup dengan pemberian kenang-kenangan dari Pangdam kepada Gubernur Lemhanas.*

(Ajid Tomagola)

Sumber : Pendam16

TerPopuler

> Whatsapp-Button