Lantik 67 Kepsek, Kadisdikbud Agara : Dukung Program Pemda Untuk Sekolah Bersinar

Jumat, 25 Maret 2022, 3/25/2022 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Agara - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Aceh Tenggara (Agara) H. Julkifli, S.Pd., M.Pd. berharap kepada Kepala Sekolah di lingkungan Dinas pendidikan Aceh Tenggara agar melakukan Sekolah "BERSINAR".

Hal tersebut disampaikannya pada saat pelantikan kepada 67 orang Kepala Sekolah tingkat Sekolah Dasar (SD) di lingkungan Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Aceh Tenggara, yang berlangsung di Gedung Serba Guna Kantor Dinas Pendidikan Aceh Tenggara, Kamis (24/3/22).

"Selamat kepada bapak-ibu yang baru di lantik. Saya percaya kepada bapak/ibu yang baru dilantik, untuk bisa mengemban tugas dan tanggung jawab, terhadap sekolah yang bapak-ibu pimpin," ucap H. Julkifli mengawali sambutannya.

"Kedepannya, perekrutan Kepsek tidak lagi melalui Diklat Kepala sekolah, tetapi wajib mempunyai sertifikat Guru penggerak, hal ini berdasarkan Permendikbud-Ristek nomor 40 Tahun 2021," tambahnya.

Dalam kesempatan ini, Awak Media Snipers News sempat mewawancarai H. Julkifli, terkait dengan mutasi dan rotasi serta Sekolah Bersinar. Usai acara pelantikan tersebut ia mengatakannya, bahwa mutasi dan rotasi Kepala Sekolah tingkat Dasar (SD) di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Tenggara adalah suatu hal yang biasa.


"Kita sudah adakan evaluasi selama satu tahun. Tentunya rotasi dan mutasi ini dinilai dari beberapa aspek, diantaranya penilaian aspek Manajerial, Wirausaha, Sosial serta Kepribadian. Penilaian ini juga melibatkan Pengawas Sekolah, Kepada Bidang serta melakukan presentasi terhadap para Kepala Sekolah tersebut. Hal yang sama kita lakukan terhadap para Kepala Sekolah SMP yang baru dilantik beberapa hari yang lalu," katanya. 

Selanjutnya, H. Julkifli juga menyampaikan harapannya kepada para Kepala Sekolah yang baru saja dilantik, agar mendukung program dari pemerintah daerah yaitu sekolah "BERSINAR".

"Harapannya, kepada Kepala Sekolah SD dan SMP agar mendukung program pemerintah pusat melaksanakan sekolah penggerak dan guru penggerak, dimana saat ini guru-guru kita sedang mengikuti program tersebut. Sementara program pemerintah daerah, kepada para Kepala Sekolah diharapkan bisa melaksanakan sekolah BERSINAR," harapnya.

Seperti bersinar dimalam hari, maksudnya tidak ada lagi sekolah yang gelap, begitu juga dipagi hari bersinar lewat senyum, sapa dan salam dari Kepala Sekolah, tentunya hal ini akan menimbulkan budi pekerti yang baik dari seorang Kepala Sekolah, begitu juga dengan suasana sekolah yang ingin sekolah tetap sejuk dengan tamannya serta pohon yang rindang.

"Dan juga, dengan proses pembelajaran  kita ingin peningkatan kwalitas baik guru dan siswa yang selama ini sudah baik, tetapi akan lebih baik lagi di tingkatkan," pungkasnya mengakhiri.*

(Dalisi)

TerPopuler

> Whatsapp-Button