Mutiara Pattimura Selaras Dengan TNI AD Manunggal Air

Jumat, 25 Maret 2022, 08:28 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Ambon - Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon menghadiri Vicon yang dipimpin oleh Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman di Ruang Puskodalopsdam, Kamis (24/03/2022). 

Vicon tersebut khusus membahas TNI AD Manunggal Air Bersih, yang mana kondisi saat ini kelangkaan air bersih telah menjadi isu global dan terjadi di Indonesia. 

TNI AD hadir ditengah- tengah masyarakat untuk mengatasi kesulitan air bersih dengan memberikan solusi yang tepat. Salah satunya pembangunan pompa air dalam mengatasi keterbatasan akses air bersih.

Program penyediaan air bersih melalui pemasangan pompa hidran, sumur bor dan penyaluran air secara gravitasi sejumlah 227 titik. 

"Sebagai informasi, baru sekitar 90% masyarakat Indonesia mendapatkan  akses air bersih, padahal ketersediaan air bersih berdampak positif bagi masyarakat, salah satunya mendukung kesehatan ibu dan anak serta mengurangi resiko stunting dan masalah sosial lainnya," jelas Kasad.

Kasad menambahkan, bahwa masyarakat Indonesia bukan berarti kekurangan air bersih, namun terdapat permasalahan dalam distribusinya.

Program pembangunan pompa hidran oleh TNI AD ini akan terus dikembangkan dan dilanjutkan secara tersebar dan serentak di pulau Jawa, Madura dan Sulawesi. 


Pada tahap pertama, TNI AD mengawali pembangunan pompa hidran dan pipa di NTT, NTB dan Bali. 

"Program penyediaan air bersih melalui pemasangan pompa hidran, sumur bor serta penyaluran air secara gravitasi atau non listrik telah dibangun sebanyak 227 titik. Di Bali sejumlah 23 titik, NTB 27 titik dan NTT sejumlah 117 titik. Serta pembangunan sumur bor sejumlah 55 titik, 15 titik di Bali, 6 titik di NTB dan 34 titik di NTT," terang Kasad.

Langkah nyata yang dilakukan TNI AD tersebut merupakan salah satu implementasi dari 8 Wajib TNI, salah satunya membantu kesulitan masyarakat sekelilingnya.

Sejalan dengan hal tersebut, Mutiara Pattimura yang diusung oleh Pangdam XVI/ Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon yang berkomitmen selalu hadir untuk masyarakat, dengan semangat sebagai pelindung dan perekat bangsa. 

Terkait dengan kebutuhan air bersih, Kodam XVI/Pattimura bersama Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Maluku telah melakukan peninjauan kapasitas dan kualitas air di pemukiman Rindam XVI/ Pattimura dan sekitarnya pada 22 s.d 23 Maret 2022 lalu. 

"Dari hasil peninjauan, kemudian akan ditindaklanjuti ditingkat Kantor Balai Sarpras Pemukiman dan Kementerian PUPR, untuk merealisasikan penyediaan air bersih dan sanitasi yang memadai di lingkungan Rindam XVI/ Pattimura dan masyarakat sekitarnya," kata Pangdam. 

Vicon ini dihadiri oleh beberapa pejabat diantaranya Asops Kasdam XVI/ Pattimura, Kapaldam XVI/ Pattimura, Kazidam XVI/ Pattimura dan Waaster Kasdam XVI/ Pattimura.*

(Ajid Tomagola)

Sumber : Pendam16

TerPopuler

> Whatsapp-Button