Pangkas Keinginan, Hidup Ini Bahagia

Kamis, 17 Maret 2022, 17:53 WIB
Oleh Cinta Pradiva Alvina Ardianti

SNIPERS.NEWS | Badung - Keinginan merupakan salah satu ajaran kebenaran yang diajarkan didalam ajaran agama Hindu selain rasa sakit, menolak kenyataan yang tidak sesuai dengan keinginan dan menghentikan kemelekatan dalam mencapai kebebasan. 

Kabag SDM Polres Badung Kompol Ni Luh Putu Indra Puspani, S.Sos, M.Ap., usai mengikuti Vicon di Aula Polres Badung yang di gelar oleh Biro SDM Polda apa hari Kamis, (17/3) pagi 08.40 wita menjelaskan, empat kebenaran yang ada di ajaran agama Hindu sesuai yang disampaikan oleh Narasumber merupakan ajaran mulia yang patut di pahami kebenarannya.

"Jika ingin bebas dari penderitaan bebaskanlah diri dari lingkaran setan keinginan," tuturnya.

Pembebasan ini menurut ibu Kabag SDM yang akrab di panggil Jero ini menjelaskan, pembebasan seperti ini adalah pembebasan yang sempurna yang tentu mendapat tempat terhormat dan terindah baik di saat ini maupun setelah kematian.  


"Inilah yang disebut kebahagiaan tanpa wali duka (Moksahartam Jagadita ya ce Iti Dharma)," sebutnya.

Kebahagiaan ini dapat diperoleh dengan cara memadamkan api egoisme keinginan, sehingga mengalami kedamaian sejati pikiran. Meskipun kita mungkin menghadapi peristiwa menyakitkan dalam hidup kita, kita tidak akan menderita. 

"Melalui praktiklah kita dapat mencapai titik, di mana kita dapat menghadapi situasi apa pun, baik yang menyenangkan maupun yang menyakitkan. Hanya dengan hati yang penuh kasih, sukacita, dan kedamaianlah hidup ini bisa bahagia," tutupnya.*

(Arifin/Lilik/Hms)

TerPopuler

> Whatsapp-Button