Sekjen Kemenag RI Lantik 5 Pejabat Eselon III di Lingkup Kanwil Maluku

Rabu, 09 Maret 2022, 18:24 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Ambon - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Agama Republik Indonesia Nizar Ali, secara virtual melantik lima pejabat eslon III sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakamenag) Kabupaten/Kota di Maluku, beberapa waktu yang yang lalu.

Mereka yang dilantik diantaranya R.A. Fachrurrazy Hassannusi, S.Fil.I., sebagai Kakankemenag Kota Ambon, yang sebelumnya Kakankemenag Maluku Tenggara, Muhammad Jen Tepinalan, S.H.I., sebagai Kakankemenag SBT yang sebelumnya menjabat Kasubag  Perencanaan Data dan Informasi Kanwil Kemenag Provinsi Maluku.

Kemudian Ahmad Raharusun, S.Pd., M.Pd. sebagai Kakankemenag Maluku Tenggara (Malra), yang sebelumnya menjabat Plt Kakankemenag Kota Tual, Abdul Gani Wael sebagai Kakamenag Buru yang sebelumnya menjabat Kasi Bimas Islam Kemenag SBB dan Echan Rumaf sebagai Kakankemenag Kota Tual yang sebelumnya menjabat Kasi Pendidikan Islam Kemenag Kota Tual.

Hal tersebut disampaikan oleh Plt Kakanwil Kemenag Maluku H. Yamin, S.Ag., M.Pd.I., yang ditemui media ini di ruang kerjanya, Rabu (9/3/2022).

Plt Kakanwil Kemenag Maluku menyatakan, bahwa pelantikan berlangsung di lantai III Kanwil Kemenag Maluku, Senin (7/3), yang dihadiri dirinya sebagai Plt Kakanwil Kemenag Maluku dan sejumlah pejabat eslon III dan IV lingkup Kemenag Maluku.

Sambung Yamin, bahwa Sekjen Kementerian Agama Republik Indonesia dalam arahannya menyampaikan selamat dan sukses kepada para pejabat yang baru saja dilantik dan diambil sumpahnya, semoga amanah ini dapat dijalankan dengan baik dan selalu mendapat kelancaran dan keberkahan dalam bertugas dan berkarya di jabatan yang baru.

"Dengan harapan, dapat melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab dan segera beradaptasi ditempat kerja masing-masing", Ujarnya.

"Insya Allah, dengan amanah dan kepercayaan yang diberikan oleh negara di pundak saudara-saudari sekalian, hendaknya benar-benar dijalankan dengan penuh perhatian komitmen dan rasa tanggung jawab yang tinggi," pesan Sekjen Kemenag RI, yang di kutip oleh Plt Kakanwil Kemenag Maluku.

Dia menambahkan, ada hal terpenting yang perlu dipahami dan dijiwai, kata Sekjen, bahwa konsekuensi dari pelaksanaan jabatan bukan hanya dipertanggungjawabkan kepada negara dan masyarakat semata.

"Tapi lebih dari itu, nantinya akan dipertanggungjawabkan dihadapan Allah Subhana Wa Ta'ala Tuhan yang Maha Kuasa, dan jangan berlaku sewenang-wenang sehingga merugikan institusi," ujarnya.


Sebagai Kakankemenag, jangan juga bersikap "Aji Mumpung", tapi bersikaplah rendah hati dan bertanggung jawab terhadap jabatan yang diemban", Kata Sekjen Kemenag RI, yang ceritakan Plt Kakanwil Kemenag Maluku kepada awak media.

"Sekali lagi saya tekankan kepada pejabat yang baru saja dilantik, agar melaksanakan amanah  dengan bersungguh-sungguh," harapnya lagi.

Pelantikan, lanjut Sekjen, merupakan rotasi mutasi promosi jabatan dan merupakan hal yang biasa dalam sistim birokrasi, sehingga  tidak ada yang istimewa tapi merupakan hal yang wajar, karena bertujuan untuk meningkatkan dan menggali potensi setiap jabatan.


"Kita harus mampu menghilangkan mitos birokrasi, bahwa semakin lama akan semakin hebat. Justru sebaliknya, yang terjadi semakin lama menjabat akan mengakibatkan kejenuhan, pudarnya Inovasi dan kreatifitas serta kurangnya semangat perubahan," terangnya.

Sebaliknya, mutasi pejabat harus dimaknai sebagai suatu penugasan dan secara lebih bijak merupakan suatu amanah perpindahan tugas dari area kerja, sehingga akan memperkaya pengalaman setiap pegawai dalam mengadaptasi lingkungan strategis yang berubah.

Harapan yang sama juga disampaikan Plt Kakanwil Kemenag Maluku H. Yamin, agar jabatan yang diemban bisa menjadi jalan sesuai dengan visi dan misi Kemenag.

"Saya menyarankan setelah mereka dilantik, mereka selalu menjalin koordinasi dan komunikasi baik dan kerjasama dengan instansi- instansi vertikal lainnya, dengan para tokoh-tokoh agama pada wilayah masing-masing dengan mengedepankan pelayanan yang prima," sarannya.

Yang mana dalam membangun komitmen kebersamaan, dapat di mulai dari tingkat awal sampai pada tingkat atas, dalam rangka membangun koordinasi lintas sektoral, persamaan organisasi dari organisasi pemuda lainnya.

"Sehingga tercipta sinergi antara Kemenag dengan berbagai kelembagaan yang ada pada wilayah masing-masing," ungkap Plt Kakanwil Kemenag Maluku.*

(Ajid Tomagola)

TerPopuler

> Whatsapp-Button