Terima APDESI, Gubernur Ansar Berpesan Untuk Fokus Majukan Desa

Selasa, 22 Maret 2022, 22:26 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Kepri - Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad melakukan audensi dengan Pengurus Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (DPD APDESI) Provinsi Kepulauan Riau di Ruang Kerja Gubernur Lantai 7, Gedung Graha Kepri, Batam, Selasa (22/03).


Turut mendampingi Gubernur Ansar pada kesempatan ini Kepala Badan Kesbangpol Linmas Lamidi, Kepala Dinas PMD Dukcapil Misni, Kepala Dinas Kominfo Hasan, serta Staf Khusus Gubernur Syarafuddin Aluan.


Sementara, perwakilan pengurus APDESI datang dari lima Kabupaten di Provinsi Kepulauan Riau, yaitu Karimun, Bintan, Lingga, Natuna, dan Anambas yang berjumlah 12 orang perwakilan.


Dalam pengarahannya, Gubernur Ansar berharap para Kepala Desa yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (DPD APDESI) Provinsi Kepulauan Riau untuk tidak terlibat dalam urusan politik praktis dan lebih fokus menjalankan amanahnya untuk menjadi Kepala Desa yang memajukan desa yang mereka pimpin.


"Jalankan organisasi ini sebagaimana mestinya, organisasi ini harus bermanfaat untuk desa. Kepala Desa adalah simbol desa dan milik semua orang, dipundak bapak-bapak ini adalah ujung tombak membangun desa sesuai dengan nawacita Bapak Jokowi yaitu membangun dari pinggiran," ujarnya.


Gubernur Ansar menegaskan, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau selalu siap memberikan dukungan agar organisasi ini dapat berjalan sebagai ujung tombak pembangunan di desa. Namun perlu dipahami, bahwa APBD Kepri saat ini jumlahnya sangat terbatas, sehingga nanti dicari pola terbaik dalam penganggaran bantuannya.



"Untuk perubahan anggaran saat ini tidak mudah, kita harus membuka dulu SIPD yang kuncinya ada di Kemendagri. Beberapa saat lalu telah kita minta dibuka untuk penambahan anggaran di Posyandu, tapi hingga saat ini belum dibuka. Nanti kalau dibuka kita usahakan bisa dimasukan anggaran desa, bisa juga nanti di APBD-P atau nanti kita cari pola bantuannya agar operasional organisasi bisa dapat berjalan," ungkapnya.


Kedepannya Gubernur Ansar berharap, koordinasi dan kerjasama antara Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dengan APDESI selau terjalin.


Bahkan setiap tahunnya, menurutnya Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau selalu melaksanakan rakor desa yang dalam pelaksanaannya banyak menyampaikan perkembangan-perkembangan terkait desa yang disampaikan, baik peraturan dan isu isu terbaru terkait perubahan ekonomi serta cara penanggulangan Covid-19.


"Untuk ke depan, kalau ada kegiatan yang kaitannya dengan kewenangan lintas Kabupaten/Kota agar dikomunikasikan juga dengan Provinsi, agar bisa kami bantu fasilitasi. Kerjasama ini harus dijaga agar ke depan desa lebih berdaya," tutup Ansar.


Sementara itu, Ketua APDESI Provinsi Kepulauan Riau terpilih dari hasil Musda APDESI periode 2022-2027 M. Nazar Iman menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Kepulauan Riau, yang telah menerima dirinya beserta para anggota asosiasi.


"Audensi ini dalam rangka silaturahmi dan melaporkan hasil Musda APDESI kemarin, sekaligus meminta dukungan dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau untuk memfasilitasi pelantikan struktur kepengurusan yang baru," jelasnya.*


(Rianto/Hms)

TerPopuler