Tim Gegana Brimob Polri Gelar Simulasi Jinakkan Bom di Pelabuhan Ajibata

Wednesday, March 23, 2022, 18:51 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Parapat - Sejumlah Teknisi Gegana Korps Brimob Mabes Polri, bersama Tim penjinakan Bom Sat Brimob Polda Sumatera Utara serta jajaran Kepolisian Resort Toba menggelar simulasi penanganan Bom di Dermaga Pelabuhan Kapal Motor Penyeberangan Ajibata, Kabupaten Toba, Rabu (23/03/22).

Simulasi penjinakan Bom tersebut di komandoi langsung Komandan Satuan Pasukan Penjinak Bom Korps Brimob Polri Kombes Pol M Ridwan, S.I.K., didampingi Danden Gegana Sat Brimob Polda Sumut, Kompol Hendriyanto, S.H., M.H. dan Kasubden Jibom Detasemen Gegana AKP Sardi, S.E., M.H.

Dalam simulasi tersebut, petugas penjinak Bom mensimulasikan adanya ancaman bom di Dermaga Pelabuhan Kapal Motor Ajibata, dan simulasi juga dimulai dengan diawali petugas menerima laporan ada orang mencurigakan dari Kepolisian Resort Toba, yang diperagakan oleh Kapolsek Lumban Julu AKP Robinson Sembiring.


Setibanya di Dermaga Pelabuhan Kapal Motor Penyeberangan Ajibata, sebanyak 1 Team personil Sat Brimob Polda Sumatera Utara langsung melakukan penyisiran disejumlah lokasi Kawasan Dermaga Pelabuhan Kapal Motor Penyeberangan Ajibata.

Komandan Satuan Pasukan Penjinak Bom Korps Brimob Polri Kombes Pol M Ridwan menyampaikan, bahwa kegiatan simulasi teknik menjinakkan bom melibatkan 45 personil penjinak bom dari seluruh Indonesia, dan kegiatan yang sama juga rutin digelar diberbagai daerah seluruh Indonesia.

Kegiatan simulasi ini bertujuan untuk sharing informasi terkait teknik menjinakkan bom, yang saat ini dititikberatkan di Indonesia Bagian Barat, antara Pulau Jawa dan Sumatera Utara.


"Tujuan simulasi, selain untuk share informasi dengan instansi pemerintahan di setiap daerah, juga bertujuan untuk latihan bersama antara teknisi penjinak bom ( Jibom ) dari seluruh Indonesia, agar satu persepsi ketika menghadapi situasi yang nyata," terang Kombes Pol M Ridwan.

Ridwan juga menjelaskan, bahwa latar belakang pemilihan lokasi simulasi untuk menjinakkan bom di Dermaga Ajiabata, hal itu seiring dengan ditetapkannya kawasan Danau Toba sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas, dan karena pernah ada memori kejadian bom di Sumatera Utara, Sibolga dan Polrestabes Medan.

"Melalui simulasi di Dermaga Ajibata hari ini, kita berharap dapat bersinergi dengan satuan dan instansi pemerintahan di Dermaga Ajibata, ketika menemukan hal-hal yang tidak diinginkan," ujarnya.


Sementara, Koordinator Pelabuhan Ajibata Rijaya Simarmata mengapresiasi simulasi menjinakkan bom yang dilakukan oleh personil Gegana Polri. 

"Kita mengapresiasi simulasi, karena Dermaga Ajibata salah satu objek vital di Destinasi Pariwisata Danau Toba dengan berbagai pengunjung," katanya.

Hadir dalam simulasi penjinakan Bom tersebut, Kapolsek Lumban Julu AKP Robinson Sembiring, Koordinator Pelabuhan Ajibata, Rijaya Simarmata, Kapospol Ajibata, Ipda S Siringo-ringo, Aipda JR Parangin-Angin, Personil Basarnas Danau Toba dan sejumlah pegawai pelabuhan Ajibata.*

(R - 1)

TerPopuler