Antisipasi Situasi HUT RMS, Kodim 1509/Labuha Lakukan Patroli Keamanan

Senin, 25 April 2022, 04:03 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Halsel - HUT Republik Maluku Selatan (RMS) yang jatuh pada tanggal 25 April 2022, Kodam XVI/Pattimura mengerahkan seluruh personil jajarannya di Wilayah Maluku dan Maluku Utara untuk melaksanakan Patroli keamanan, guna mengantisipasi perkembangan situasi.


Dengan adanya kegiatan HUT RMS tersebut, Kodim 1509/Labuha pun langsung gelar patroli keamanan mengantisipasi perkembangan situasi yang bisa mengganggu Kamtibmas.


Patroli keamanan dilakukan pada malam senin dengan mengitari Pulau Bacan yang meliputi 3 Kecamatan, yakni Kecamatan Bacan, Kecamatan Bacan selatan dan Kecamatan Bacan Timur, Minggu (24/04/2022) malam.


Sebelum dilakukan Patroli, Personil Kodim 1509/Labuha lakukan apel pengecekan di Aula Makodim 1509/Labuha, Jalan Sapta Marga, Kampung Makian, yang dipimpin langsung Kasdim 1509/Labuha, dan membagi personilnya menjadi 2 tim dengan rute Patroli tim 1 di 2 kecamatan, yakni Kecamatan Bacan Selatan dan Kecamatan Bacan. Terakhir tim 2 menuju Kecamatan Bacan Timur.


Tim 1 yang dikomandoi oleh Pasi Ops Kapten Czi Mustamin dan Tim 2 dikomandoi oleh Danramil 1509-01/Bacan Kapten Inf Agar Galela, dengan membawahi personil masing-masing Satuan Setingkat Regu (SSR).



Dalam penyampaian pesan Komandan Kodim 1509/Labuha Letkol Kav Romy Parnigotan Sitompul yang disampaikan oleh Kasdim 1509/Labuha, bahwa pihaknya akan melakukan patroli keamanan untuk mengantisipasi perkembangan situasi yang ditimbulkan oleh Perayaan HUT RMS.


"Dengan adanya perayaan HUT RMS tersebut, yang juga bertepatan dengan Bulan Suci Ramadhan, sudah menjadi kewajiban kita untuk menjaga situasi tetap kondusif, dan umat Islam bisa melakukan ibadah di Bulan Ramadhan tanpa ada gangguan," jelasnya.


Sambung Kasdim, lebih baik mencegah dan mengantisipasi dari pada sudah ada pergolakan yang dilakukan oleh simpatisan RMS.


"Sehingga mengganggu ketenangan kita semua dan menimbulkan masalah baru di wilayah kita. Jadi, laksanakan Patroli keamanan dengan baik, agar giat yang kita lakukan ini berjalan dengan baik dan aman," tutup Mayor Inf Rudin Sidangoli.


Setelah dilakukan beberapa kali Patroli, tidak ditemukan kegiatan yang bisa menimbulkan hal hal yang tidak diinginkan, akan tetapi Kodim 1509/Labuha tetap menyiagakan personil di Satuan untuk siap digerakkan sewaktu-waktu," tutupnya.*


(H.M)

TerPopuler

> Whatsapp-Button