Balon Kades Mekar Sawit Diduga Lampirkan Surat Keterangan Tidak Sedang Dicabut Hak Pilih Melewati Batas Waktu Pendaftaran

Tuesday, April 19, 2022, 18:57 WIB
Oleh Link

Ket poto : Kantor Desa Mekar Sawit Kecamatan Sawit Seberang


SNIPERS.NEWSLangkat - Pendaftaran calon kepala desa pada pilkades serentak di kabupaten Langkat telah ditutup pada 13 April 2022 yang lalu. Namun sejumlah temuan terjadi di berbagai desa yang melaksanakan pilkades. Salah satunya terkait berkas kelengkapan administrasi calon kepala desa yang kurang lengkap atau tidak memenuhi syarat. 

Seperti halnya terjadi di desa Mekar sawit, kecamatan sawit sebrang kabupaten Langkat. Seorang Balon kades Mekar Sawit diduga menggunakan surat keterangan tidak sedang dicabut gak pilihnya dari pengadilan negeri Stabat melewati batas waktu yang ditetapkan. 

Menurut salah seorang warga yang enggan disebut namanya, surat keterangan tidak sedang dicabut hak pilih yang dikeluarkan oleh pengadilan negeri Stabat milik balon kades tersebut tertanggal 18 April 2022. " Bagaimana mungkin penutupan pendaftaran calon kades ditutup pada 13 April, surat keterangan tidak sedang dicabut hak pilihnya tertanggal 18 April" Ujar warga tersebut. Artinya saat penutupan pendaftaran Balon kades tersebut Tidak memenuhi Syarat karena berkas adminiatrasinya tidak lengkap, ujarnya lagi. 

Sesuai tahapan pilkades Langkat saat ini sedang berlangsung verifikasi faktual oleh pihak desa dan kecamatan Terkait para balon kepala desa yang ikut serta dalam pilkades 19 Juni mendatang. Pada Rabu esok 20/4 adalah  penetapan nama para calon oleh panitia pemilihan tingkat desa. 

Terkait hal itu, camat Sawit sebrang Suhaimi ketika dihubungi menyatakan seluruh berkas dari 3 bakal calon kepala desa Mekar sawit telah diterima oleh panitia dan saat ini sedang tahap verifikasi faktual dan tindaklanjutnya. Menurut Camat Suhaimi, setelah nantinya ada penetapan calon kades oleh panitia pemilihan, jika ada komplain dari warga atau siapapun bisa dilaporkan ke panitia untuk ditinjau ulang.

Namun ketika ditanyakan apakah benar ada salah seorang Balon kades Mekar Sawit yang melampirkan surat keterangan tidak sedang dicabut hak pilihnya dari Pengadilan Negeri Stabat tertanggal 18-4-2022, hingga berita ini ditulis Camat Suhaimi belum menjawabnya.*

( Raiyan )

TerPopuler