Bau Anyir Kandang Ayam di Kota Probolinggo Dikeluhkan Warga

Selasa, 26 April 2022, 4/26/2022 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWSProbolinggo - Bau anyir dan tak sedap sangat dirasakan oleh warga perumahan jalan Nusa Indah Baru, RT.05/RW.06 Kelurahan Sukabumi Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo.

Pasalnya, di pemukiman padat penduduk tersebut nampak adanya aktifitas ternak ayam potong dan petelur juga pengolahan kotoran ternak menjadi pupuk organik.

Dikonfirmasi media Snipers.News, Ketua RT.05, Mugianto membenarkan adanya aktifitas tersebut. "Warga disini sudah sepakat menolak adanya kandang ayam berdiri di sini, dan sudah kirim surat kepada kelurahan tembusan pada dinas terkait," kata Mugianto, Selasa (26/4) siang.
                             

Menurut Ketua RT, berdasarkan hasil keputusan rapat warga RT.05/RW.06 Kelurahan Sukabumi Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo tentang aksi penolakan adanya kegiatan pengolahan limbah ternak dan kandang ayam mengingat wilayah tersebut adalah kawasan pemukiman warga dan bukan kawasan industri sesuai tata ruang Pemerintah Kota Probolinggo.

Tempat usaha yang dikeluhkan warga tersebut tepatnya berada di jalan Nusa Indah Baru nomor 26 B dan diduga belum kantongi ijin usaha. "Kami sudah memberikan tegoran kepada yang punya kandang dan kirim surat kepada dinas terkait, namun sampai sekarang masih saja beraktifitas," terangnya.

Terpisah, Rosid pekerja kandang ayam dan pengolahan limbah ternak ketika dikonfirmasi membenarkan adanya hal tersebut. "Ia benar pak, saya hanya bekerja disini, Pak AG (inisilal pemilik) seminggu sekali datang kesini," ujar Rosid.*

Pewarta : Taufiq

TerPopuler

> Whatsapp-Button