Hadapi Libur Lebaran, Kapolres Simalungun Gelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral

Rabu, 27 April 2022, 4/27/2022 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Simalungun - Dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman terhadap para pemudik dan wisatawan, Kepala Kepolisian Resort Simalungun
langsung memimpin rapat koordinasi lintas sektoral, guna pengamanan libur Idul Fitri 1443 H/2022 M, Selasa (26/04/2022). 

Rapat koordinasi lintas sektoral tersebut digelar di Kantor Mapolsek Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, yang dihadiri oleh Koordinator Basarnas Hisar Turnip, Kanit Polairud Unit Markas Danau Toba AKP Doni Gunawan dan Kapolsek Parapat AKP Jonni Silalahi.

Selain itu, rapat koordinasi tersebut juga dihadiri Asosiasi Perkapalan, diantaranya pihak PT. PPSU Jongguran Siallagan, Ops Tigaras Simanindo Toni Silalahi, Asosiasi Marihat Permai Ramjam Siallagan dan mewakili Kadishub Simalungun Tulus Marbun dan Koordinator Pelabuhan Tigaras diwakilkan B Panggabean.

Kapolres Simalungun Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Nicolas Dedy Afrianto menyampaikan, rapat koordinasi lintas sektoral bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman terhadap para pemudik maupun wisatawan, seiring tidak adanya larangan mudik.

"Untuk mewujudkan moda transportasi Danau dan Darat yang aman dan nyaman selama libur panjang lebaran Idul Fitri 1443 H, diperlukan sinergitas dari semua stakeholder," ujar Kapolres Simalungun Ajun AKBP Nicolas Dedy Arifianto.

Kapolres Simalungun AKBP Nicolas D Arifianto juga menjelaskan, rapat koordinasi bersama sejumlah stakeholder yang terkait menyepakati moda transportasi danau dan darat yang aman dan nyaman, serta memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa transportasi kondisi lengkap.

Kondisi lengkap yang dimaksud diantaranya menyediakan life jacket lebih banyak, atau 10% dari jumlah penumpang yang dibawa dan tidak boleh membawa penumpang over kapasitas atau berlebihan dan untuk roda dua hanya boleh 20 unit, 10 unit di sebelah kiri dan 10 unit di sebelah kanan. "Selain itu, juga memperhatikan kondisi cuaca," sebutnya.


Kapolres Simalungun AKBP Nicolas D Arifianto juga berharap, agar pengunjung dan masyarakat memberikan dukungan dengan menaati sejumlah aturan yang berlaku.

"Mari kita bersama-sama memanfaatkan moda transportasi danau yang ada, namun harus menaati aturan yang berlaku," ajak Kapolres Simalungun AKBP Nicolas Dedy Arifianto. 

Sementara Kepala Polairud Unit Markas Danau Toba AKP Doni Gunawan menjelaskan, Polairud Danau Toba telah memploting personilnya untuk pengamanan libur lebaran Idul Fitri. 

"Dan telah mempersiapkan 7 kapal cepat dan 28 personil, dan seluruhnya akan ditempatkan disejumlah lokasi untuk melakukan pengawasan," sebut Kanit Polairud Markas Danau Toba.

Diakhir rapat, Kapolres Simalungun meminta agar membentuk tim kecil lengkap, guna memastikan keselamatan penumpang dalam penyebrangan dan pelayaran selama libur libur Idul Fitri 1443 H/2022 M.

"Tim ini nantinya akan memastikan kesiapan personil dan sarana prasarana, guna mengantisipasi segala kemungkinan yang timbul selama pelaksanaan operasi ketupat Toba.*

(PN)

TerPopuler

> Whatsapp-Button