Kodam IX/Udayana Tingkatkan Kemakmuran Masyarakat Melalui Kemitraan Santri Tani

Senin, 25 April 2022, 4/25/2022 WIB
Oleh Cinta Pradiva Alvina Ardianti

SNIPERS.NEWS | Denpasar - Dalam rangka menyukseskan program Ketahanan Pangan di Provinsi Bali-Nusra, Kodam IX/Udayana siap bekerjasama dan mendukung penuh kegiatan-kegiatan sosial yang dilaksanakan DPP Santri Tani untuk meningkatkan ekonomi dan kemakmuran masyarakat petani khususnya di wilayah Bali-Nusra.

Demikian ditegaskan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., saat acara sinergitas dan kemitraan Kodam IX/Udayana dengan DPP Santri Tani Nahdlatul Ulama (NU) di Aula Udayana Makodam IX/Udayana, Denpasar, Senin (25/4/2022).

Lebih lanjut Pangdam menyampaikan, bahwa DPP Santri Tani merupakan bagian dari PBNU yang mempunyai program langsung yang mengelola dan memberikan edukasi kepada petani yang berada di Desa, baik di bidang Pertanian, Perkebunan, Perikanan dan Peternakan. Ini menjadi skala prioritas bagi DPP Santri Tani Indonesia untuk meningkatkan ketahanan pangan.


"Selain bertujuan meningkatkan tali silaturahmi, kegiatan ini juga dapat bersinergi dan bermitra serta bahu membahu mensukseskan Program Pemerintah terutama dalam memajukan pertanian di seluruh pelosok wilayah Bali-Nusra," tambahnya.

Di tengah situasi Pandemi Covid-19, Pangdam berharap melalui sinergitas dengan berbagai pihak, dapat ikut andil dalam pemulihan ekonomi nasional melalui program pertanian yang menitikberatkan kepada kekuatan ketahanan pangan skala nasional.

"Dalam pelaksanaannya, kelompok-kelompok tani akan didampingi para Babinsa sesuai SOP yang dijalankan oleh Santri Tani. Kodam IX/Udayana juga membangun dua Pompa Hidram di daerah tersebut untuk mengairi 600 hektar Persawahan dan hari ini Kodam IX/Udayana melakukan penandatangan sinergitas dengan Santri Tani yang mana untuk awal program ini akan dikerjakan adalah wilayah Dompu, NTB," jelas Pangdam.

Sementara itu, Ketua Umum DPP Santri Tani NU, T. Rusli Ahmad, S.E., M.M., menyampaikan, bahwa sinergitas dan kemitraan ini merupakan yang pertama dalam rangka mengangkat harkat dan martabat seluruh petani yang ada di Pedesaan dan kelurahan.

"Khusus di wilayah Kodam IX/Udayana akan kami coba di Dompu dan sudah survey ke sana dalam tahap awal ini rencananya akan ditanam kurang lebih 2.000 hektar yang sudah bekerjasama dengan salah satu perusahan," ungkapnya.


Atas bimbingan dari Pangdam, para Babinsa akan dilibatkan dalam pengawasan dan juga ikut aktif mengangkat ekonomi masyarakat khususnya petani yang ada di desa dan kelurahan.

"Mudah-mudahan nanti ini akan menjadi Role Model yang nantinya akan dijadikan contoh untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dari bawah ke atas," tambahnya.

Diakhir acara, dilaksanakan juga pemberian santunan kepada anak-anak Yatim Piatu sebagai bentuk komitmen DPP Santri Tani dan Kodam IX/Udayana dalam rangka berbagi di Bulan Ramadhan serta untuk mengajarkan peduli dan kasih sayang terhadap sesama.

Acara dihadiri juga oleh para Pejabat Utama Kodam IX/Udayana dan undangan Pejabat Santri Tani serta anak-anak yatim piatu dari Sumber Pendidikan Mental Agama Allah dan Al Ittihad, Denpasar.*

(Arifin/Lilik/Kapendam IX/Udayana)

TerPopuler

> Whatsapp-Button