Kunjungi Kesultanan Tidore, Pangdam : Warisi Nilai Kepahlawanan dan Kebhinekaan Pendahulu Bangsa

Monday, April 4, 2022, 09:37 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Ambon - Masih dalam rangkaian kunjungan kerja di Maluku Utara, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon dan rombongan mengunjungi Kesultanan Tidore yang berada di Kota Tidore, Maluku Utara, Minggu (03/04/2022). 

Saat mengunjungi Kesultanan, Pangdam dan rombongan disambut langsung oleh Sultan Tidore, Sultan Husain Syah dan mendapat sambutan secara adat.

Dalam sambutannya di Kesultanan Tidore, Pangdam menyampaikan, bahwa kesempatan rombongan mengunjungi Kesultanan ini adalah kesempatan istimewa. 

"Mungkin banyak dari rombongan yang belum pernah melihat langsung Kesultanan Tidore, suatu kehormatan akhirnya bisa menginjakkan kaki dan melihat secara langsung," jelas Pangdam.

"Dengan kunjungan ini, saya berharap kita bisa kembali menghayati nilai-nilai sejarah," kata Pangdam. 


Pangdam juga mengatakan, Kesultanan Tidore mempunyai banyak kontribusi dalam perjuangan bangsa Indonesia.

"Mulai dari nilai-nilai kepahlawanan hingga semangat Kebhinekaan inilah yang harus terus diwariskan untuk generasi penerus. Nilai- nilai pengorbanan, perjuangan, karakter para pendahulu kita, yang harus ditanamkan," ujar Pangdam. 

Pangdam secara khusus berterima kasih kepada Sultan Tidore, yang telah menjadi pemimpin dan bersinergi dengan segenap unsur masyarakat, sehingga perbedaan di masyarakat mampu ditangani dengan solusi yang terbaik. 

Setelah memberikan sambutan, Pangdam dan rombongan kemudian berkesempatan melihat benda-benda bersejarah yang ada di Kesultanan Tidore. 

Selesai berkunjung ke Kesultanan Tidore, Pangdam menyempatkan untuk bersilaturahmi dengan Sowohi Kie Matiti, masyarakat adat Tidore di Gura- Bunga Tidore.*

(Ajid Tomagola)

Sumber : Pendam16

TerPopuler