Mandi Berlimau Tradisi Sambut Bulan Suci Ramadhan di Sungai Apit

Sabtu, 02 April 2022, 4/02/2022 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Siak - Menjelang masuknya Bulan Suci Ramadhan, Upika Kecamatan Sungai Apit, beserta masyarakat Sungai Apit, yang di sponsori oleh pemuda Kelurahan Sungai Apit, umumnya RT/01-RW/020, Sabtu (02/04/2022) mengadakan acara mandi bersama, atau yang biasa dikenal Mandi Berlimau. 

Acara tersebut diadakan di halaman sekolah MDA Jamiatul Hasanah, yang bertempat di RT/01-RW/02 Kelurahan Sungai Apit Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak, yang digelar sekira pukul 16.00 Wib ba'da Ashar.

Sebelum acara Mandi Berlimau dimulai, terlebih dahulu melakukan pawai keliling, yang juga dimeriahkan oleh anak anak bersepeda hias. Rute yang di tempuh dari Jalan Hang Tuah mengarah Jalan Gajah Mada, sembari di iringi dengan bunyi Alunan Kompang dan Rebana.

Amin, selaku Ketua Pemuda, pada kesempatan ini mengatakan kepada awak Snipers News, bahwa kegiatan Mandi Berlimau sudah menjadi budaya dan adat masyarakat Riau.


"Maka, setiap menyambut Bulan Suci Ramadhan, kami, umumnya masyarakat Sungai Apit tetap akan mengadakan acara Mandi Bersama yaitu Mandi Petang Berlimau. Harapannya, dengan adanya Mandi Berlimau bersama, semoga menjauhkan kita semua dari bala dan terhindar dari penularan Virus Covid 19," ungkap Amin.

Halifah, selaku Guru Honorer MDA Jamiatul Hasanah, Kelurahan Sungai Apit juga turut memberi komentarnya pada acara tersebut. 

Dikatakannya, kegiatan seperti ini sempat tertunda dua tahun, yang disebabkan dengan adanya Virus Covid 19. "Insya Allah pada tahun ini dapat terselenggara dengan baik. Ini juga tak lepas dari dukungan masyarakat Kecamatan Sungai Apit, khususnya warga yang berada di Kelurahan Sungai Apit," jelas Halifah.

Hadir pada acara ini, tokoh masyarakat, berserta warga dari berbagai kampung, 
pemuda dan pemudi serta anak anak yang begitu sangat gembira menyambut acara ini.*

(Gunawan. S)

TerPopuler

> Whatsapp-Button