Mutiara Pattimura Rangkul Lintas Agama Gotong Royong Bersihkan Masjid Raya Ambon

Jumat, 01 April 2022, 4/01/2022 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Ambon - Mutiara Pattimura merupakan program yang dicetuskan Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon, berisikan kegiatan-kegiatan yang bersifat inovatif, konstruktif, bersifat Kebhinekaan dan bersinergi dengan masyarakat. 

Hal itu didasari oleh kondisi Maluku dan Maluku Utara yang penuh kebhinekaan dan kearifan lokal yang harus tetap dijaga.

Wujud nyata komitmen dari Program tersebut adalah dengan dilaksanakannya kegiatan Karya Bakti Pembersihan rumah rumah ibadah, salah satunya di Masjid Al-Fatah Kota Ambon, Jum’at (01/04/2022). 

Ada hal yang istimewa pada pembersihan Masjid kali ini, yaitu juga diikuti oleh Pemuda dari Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia atau biasa disingkat GAMKI. 

Asisten Teritorial Kasdam XVI/Pattimura Kolonel Inf Chrisbianto Arimurti yang saat itu hadir pada kegiatan tersebut mengatakan, sesuai dengan program yang telah dicanangkan oleh Pangdam XVI/Pattimura, yaitu Mutiara Pattimura salah satunya mewujudkan kebersamaan dalam kebhinekaan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, hari ini diadakan karya Bhakti pembersihan rumah Ibadah. 


"Hal ini tentunya dilaksanakan dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan, Kodam XVI/Pattimura bersama elemen masyarakat, elemen pemuda baik dari Ormas Muslim dan Nasrani melaksanakan karya bakti ini yang sekaligus turut menyukseskan Program Muttiara Pattimura," ujar Aster.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan meliputi pembersihan lingkungan dan taman masjid serta pembersihan di dalam masjid, diharapkan akan memberikan kenyamanan dalam beribadah.

Sedangkan Ketua GAMKI Leunard Heppy Lelapary, S.Pd., M.Pd. mengatakan, dirinya menyambut baik dan sangat mengapresiasi program Kodam XVI/Pattimura, yaitu “Mutiara Pattimura” yang telah membangun silaturahmi dan kebersamaan antar umat beragama melalui kegiatan karya bakti pembersihan rumah ibadah seperti yang dilakukan hari ini di Masjid Al-Fatah.

"Hal ini wujud pembinaan kerukunan umat beragama yang didorong langsung oleh Pangdam XVI/Pattimura beserta jajarannya," tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Yayasan Masjid Al-Fatah Ambon H. Hadi Basalamah menyampaikan, bahwa pengurus dan jemaah masjid menyambut gembira dengan adanya kegiatan ini dan mengucapkan terima kasih kepada Pangdam XVI/Pattimura beserta jajarannya, yang telah melaksanakan kegiatan yang sangat positif ini.

Hal ini tentunya menjadi momentum  meningkatkan kembali kerukunan antar umat beragama, sekaligus menyambut bulan suci Ramadhan.*

(Ajid Tomagola)

Sumber : Pendam16

TerPopuler

> Whatsapp-Button