Panitia Ritual Ngaben Massal Bersama Pemdes Desa Adat Kembang Merta Lakukan Persiapan

Minggu, 10 April 2022, 11:52 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Banggai - Kepala Desa Kembang Merta I Nyoman Mustika, bersama Ketua Panitia Ngaben Massal I Dewa Gede Kardana dan masyarakat melaksanakan gotong royong guna mempersiapkan segala sesuatu kegiatan Ngaben yang akan di gelar pada 13 April sampai dengan 18 April mendatang, Minggu (10/04/22).

Sebanyak tiga puluh tujuh (37) Sawo (Jenazah) yang akan dilakukan Ngaben Massal di Desa Adat Kembang Merta Kecamatan Masama tersebut 

Diketahui, anggaran kegiatan ini berasal dari masing-masing keluarga jenazah yang akan di Ngaben, yang memang merupakan program Adat dari Desa Kembang Merta, dan dilaksanakan setiap  5 tahun sekali.

"Dilakukannya Ngaben Massal ini bertujuan untuk mengefisienkan anggaran pengabenan, bagi keluarga Sawo/Jenazah yang belum di Ngaben," ucap Kades Kembang Merta.


Informasi yang diperoleh, Ngaben Massal yang dilakukan di Desa Adat Kembang Merta ini menghabiskan anggaran hingga ratusan juta rupiah, dan di tanggung masing-masing keluarga Sawo/Jenazah yang akan di Ngaben.

Kepala Desa Kembang Merta I Nyoman Mustika mengatakan, dengan adanya Ngaben Massal 5 tahunan ini sangat membantu keluarga Sawo/Jenazah yang belum dilakukan Pengabenan. Sebab, untuk 1 jenazah bisa menghabiskan biaya yang cukup besar.

"Kami selaku Pemerintah Desa Adat Kembang Merta terus membantu dan mensupport kesuksesan giat keagamaan Ngaben Massal yang dilakukan Adat Desa kami ini," ucap I Nyoman.

"Dari mulai pembersihan tempat kegiatan maupun keperluan lainnya yang dibutuhkan, seperti pemasangan tenda bagi keluarga Sawo/Jenazah yang akan menghadiri, panitia persiapkan, mengingat keluarga Sawo/Jenazah ada yang dari luar wilayah juga turut hadir di sini," ucap I Nyoman Mustika.*

(Yudi/Hms)

TerPopuler

> Whatsapp-Button