Sambut Bulan Bakti Gotong Royong, LAMR Sungai Apit Kolaborasi Tingkatkan Budaya Kerjasama

Minggu, 03 April 2022, 22:53 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Siak - Guna mengantisipasi kerusakan jalan dan Drainase di sepanjang Jalan Diponegoro Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak ini,  maka pohon-pohon besar harus di tebang, Sabtu (02/04/2022).

Pasca penebangan, Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kecamatan Sungai Apit dan beberapa elemen masyarakat sudah melakukan observasi di beberapa titik,
guna memastikan kerusakan dan dampak negatifnya. 

Seperti yang terjadi, aspal jalan yang berada dibawah pohon tersebut retak menyebabkan jalan menjadi bergelombang.
Hal ini sudah tentu membuat pengguna jalan di daerah tersebut tidak nyaman untuk dilewati, baik kendaraan roda dua hingga kendaraan yang bervolume besar.

Selain menyebabkan jalan menjadi patah dan bergelombang, dinding drainase juga mengalami kerusakan, yang diakibatkan dari akar pohon tersebut. Ketidaknyamanan juga dialami oleh masyarakat sekitar, yang mana rumahnya berada tidak jauh dibawah pohon besar yang rindang. 

Ketika ditanya kepada salah seorang warga yang tinggalnya memang di jalan Diponegoro juga mengatakan, ia juga merasa takut ketika hujan turun dengan deras.

"Kami takut juga ketika hujan angin, takut pohon roboh atau patah. Ini bisa membahayakan kami, apo lagi dekat dengan kabel listrik yang melintang dicelah dahan," tutur salah seorang warga sekitar.


Setelah berkordinasi dengan pihak-pihak terkait yang dimotori LAMR Sungai Apit, bersama Upika dan stackholder dan dibantu Ormas Kepemudaan, pihak PLN, Telkom beserta masyarakat Kelurahan dan pemerintahan Kampung Parit I/II bergotong royong, menebang dan membersikan pohon besar yang berada disepanjang bahu Jalan  Diponegoro Sungai Apit ini. 
 
Saat dikonfirmasi, Tuan Andi Putra, atau sering dipanggil Pak Itam selaku Ketua LAMR Kecamatan Sungai Apit menerangkan, bahwa aksi ini spontan, setelah berdiskusi dengan berbagai pihak dan akhirnya mengambil keputusan untuk bergotong royong.

Mengingat, kata Pak Itam, momen pada saat ini bertepatan dengan Bulan Bakti Gotong Royong masyarakat, sekaligus menyambut Bulan Suci Ramadhan.

"Sebelumnya kito jugo sudah konfirmasi ke pihak terkait, dan sudah mendapat persetujuan, akhirnya kami kerjakan beramai-ramai. Alhamdulillah selesai ini Ciman Kecik masalahnyo," jelas Pak Itam, dengan senyum khasnya sambil mengumpulkan potongan dahan.

Andi Putra (Pak Itam) juga berterimakasih kepada semua pihak yang sudah membantu kegiatan ini. 

"Ini berkat kerjasama semua pihak, masyarakat khususnya telah mau berkerjasama dari awal pengerjaan hingga selesai. "Marhaban Ya Ramadhan", atas nama pribadi dan mewakili LAMR Kecamatan Sungai Apit saya mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1443H,"
tutup Putra.*

(Gunawan. S)

TerPopuler

> Whatsapp-Button