Sukseskan Pengamanan GPDRR Tahun 2022 di Bali, Kodam IX/Udayana Gelar Rakor

Sabtu, 23 April 2022, 04:25 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Denpasar - Indonesia telah ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggara Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) untuk Pengurangan Risiko Bencana ke-7 yang akan berlangsung di Provinsi Bali pada akhir Mei 2022 mendatang.

Persiapan dalam mensukseskan penyelenggaraan tersebut terus dimatangkan juga oleh Kodam IX/Udayana yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Wilayah (Satgas Pamwil).

Bersama Stakeholder Satgas Pamwil lainnya, Kodam IX/Udayana menggelar rapat Koordinasi (Rakor) rencana pengamanan kegiatan tersebut, di Ruang Airlangga Makodam IX/Udayana, Denpasar, pada Jumat (22/4/2022).

Rakor yang dipimpin Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Harfendi, S.I.P., M.Sc., tersebut membahas terkait persiapan serangkaian pegamanan, baik secara terbuka maupun tertutup, khususnya untuk delegasi dari beberapa negara, mulai dari kedatangan, rute yang dilalui, serta tempat kegiatan dan tempat yang dikunjungi.

Ada tiga zona pengamanan, yaitu zona A di kawasan Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Bali International Convention Center atau Westin, Hotel Peninsula dan Graha Wisnu Kencana. Sementara Zona B di kawasan ITDC dan GWK, dan zona C berada di luar ITDC dan GWK.


Tak hanya itu, Kodam IX/Udayana bersama Satgas Pengamanan wilayah lainnya terus berupaya menyukseskan acara tersebut dengan terus berkoordinasi dan berkaloborisasi bersama Polri, Basarnas dan BPBD yang ada di Provinsi Bali dalam mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Dalam kesempatan itu, Kasdam juga memastikan kesiapan dari masing-masing Satgas yang tergabung dalam pengamanan tersebut, mulai dari Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali sampai dengan pengamanan di lokasi acara.

Untuk diketahui, Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) merupakan forum multi stakeholder yang dilaksanakan secara rutin setiap dua tahun sekali yang digagas Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) guna membahas isu mengurangi resiko bencana.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Danlanal Denpasar, Danlanud Ngurah Rai Bali, Ka Basarnas Denpasar, Kaotban Ngurah Rai, Para Asisten Kadam IX/Udayana, Para Dan/Kabalakdam IX/Udayana serta secara vidcon diikuti juga oleh Danrem 162/WB, Danrem 163/WSA, Danlanal Mataram, serta undangan lainnya.*

(Arifin/Lilik/Kapendam IX/Udayana)

TerPopuler