Tandatangani Serah Terima Pengelolahan Pantai Bebas, Bupati Simalungun : Ini Sangat Baik Untuk Kita Semua

Wednesday, April 27, 2022, 01:18 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Simalungun - Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga bersama Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Utara, Syahriel Tansier menandatangani serah terima pengelolaan kawasan Ruang Terbuka Publik (RTP) Pantai Bebas Parapat Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Kabupaten Simalungun, Sumut, Selasa (26/4/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati menyampaikan, bahwa penandatanganan hanya merupakan serah terima pengelolaan saja, bukan serah terima aset. Pemerintah Simalungun akan di beri mandat dalam pengelolaan Pantai Bebas Parapat. "Ini sangat baik untuk kita semua," kata Bupati

Bupati berharap untuk bersama-sama menjaga fasilitas yang ada di Pantai Bebas Parapat, agar lebih bermanfaat untuk masyarakat terutama para tamu yang berkunjung dalam menikmati keindahan Danau Toba. 

Ketika berada di RTP Pantai Bebas Parapat, Bupati sangat prihatin melihat beberapa kerusakan fasilitas yang ada di RTP tersebut, termasuk beberapa lampu yang menghiasi tempat itu hilang serta banyaknya sampah berserakan. "Ini menjadi perhatian kita, untuk sama-sama kita menjaga tempat ini," pungkas Bupati.

Mengingat RTP merupakan fasilitas yang bisa dinikmati bersama, Bupati mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihannya. "Mari kita jaga kebersihannya, dan Pemerintah Simalungun akan menurunkan timnya untuk menjaga ini, sebelum nantinya setelah lebaran serah terima itu diberikan kepada Pemkab Simalungun," kata Bupati.

Menurut Bupati, jika fasiltas tersebut terawat dan terjaga dengan baik akan banyak multiplayer efeknya bagi Pariwisata di Kota Parapat, yang pada gilirannya akan banyak wisatawan yang mau mampir untuk melihat indahnya view Danau Toba. 


"Restoran akan terisi oleh pengunjung dan lain sebagainya. Hal ini juga akan mendongkrak  ekonomi masyarakat, meningkatnya pendapatan Daerah," sebut Bupati. 

Kemudian, Bupati juga mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktifitas jual beli di lokasi RTP. "Kita sudah berkomunikasi intens dengan pihak PTPN-II untuk memberikan ruang untuk masyarakat kita para Pedagang. Artinya, Pemerintah juga tidak akan diam, untuk ini kita akan relokasi ini untuk parah pedang," tutur Bupati. 

Selanjutnya Bupati di dampingi Kapolres Simalungun AKBP Nicolan Dedi Arifianto dan Dandim 0207/SML Letkol Inf Roly Sohuoka meninjau Pos Pelayanan Parapat dalam rangka libur Idul Fitri 1443 H.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolsek Parapat AKP J Silalahi menyampaikan, ada beberapa masalah yang akan dihadapi jelang hari libur Idul Fitri, terutama tentang parkir kendaraan. Untuk mengatasi masalah tersebut, pihaknya menyiapkan 72 personil untuk pengaman dan penataan area parkir bagi wisatawan.

"Kita juga bekerjasama dengan Dinas Kesehatan untuk menyiapkan vaksin jika ada masyarakat yang belum melaksanakan vaksin. Kami juga akan arahkan vaksin disini, dan juga menyiapkan tempat istirahat bagi pemudik jika mereka tidak dapat transportasi atau kemalaman," jelas J Silalahi.

Saat meninjau Pos Pelayanan itu, Bupati Simalungun menyampaikan kepada Asisten Perekonomian dan Pembangunan yang turut serta dalam peninjauan tersebut, untuk menyiapkan opsi guna mengurai kemacetan di Kota Parapat, dan mewacanakan pengunaan bus angkutan untuk mengantar jemput wisatawan yang akan berkunjung di sekitar kawasan Kota Parapat. 

Tampak hadir antara lain Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Utara Syahriel Tansier, S.T., M.T., Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ramadani Purba, Kadis Pariwisata M Fikri Fanani Damanik, Kabid Aset Badan Keuangan dan Aset Daerah Richardo Sinaga.*

(PN)

TerPopuler