Antisipasi Meluasnya PMK, Koramil Besuk Sidak Pasar Hewan

Sabtu, 14 Mei 2022, 5/14/2022 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Probolinggo - Koramil 0820/14 Besuk bersama dengan pihak terkait melakukan inspeksi mendadak (sidak) di pasar hewan Alaskandang Kecamatan Besuk Kabupaten Probolinggo, Sabtu (14/5).

Informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan bahwa sidak kali ini dalam rangka mengantisipasi masuknya wabah penyakit hewan menular atau yang lebih dikenal dengan penyakit mulut dan kuku (PMK) sekaligus melakukan sosialisasi dan edukasi prokes.

Serma Budiman salah satu anggota Koramil 0820/14 Besuk menyampaikan bahwa untuk saat ini wabah PMK telah menjadi perhatian pemerintah, untuk itu sebagai bentuk tangung jawab di tingkat bawah dirinya bersama pihak terkait melakukan pemantauan, pengendalian dan penanganan.

"Semoga ikhtiar untuk mengatasi agar tidak meluasnya wabah PMK pada hewan ternak yang kami lakukan di pasar hewan Alaskandang Kecamatan Besuk mendapatkan hasil yang maksimal," kata Serma Budiman.

Ia mengungkapkan dalam sidak kali ini selain memantau keberadaan hewan ternak, pihaknya bersama tim juga akan melakukan tindakan dengan melakukan pemisahan jika ada indikasi ada hewan ternak yang terkena gejala PMK.

"Alhamdulilah, dalam sidak kali ini kami mendapat respon yang sangat baik dari mereka yang beraktifitas di pasar hewan Alaskandang ini, kami sampaikan bahwa apa yang kami lakukan ini adalah demi kebaikan bersama," ujarnya.

Lebih lanjut Babinsa murah senyum ini menegaskan agar para peternak tidak panik dan selalu berupaya mengantisipasi adanya PMK terhadap hewan peliharaannya.

“Dalam sidak ini kami juga memberikan arahan dengan harapan agar peternak tetap nyaman dan hewan ternak pun aman salah satunya yakni dengan menjaga kebersihannya baik kandang maupu hewan tenak," pungkasnya.*

Pewarta : Taufiq/Pendim

TerPopuler

> Whatsapp-Button