Antisipasi PMK Kapolres Jembrana Lakukan Pengawasan dan Pemeriksaan di Kelompok Ternak Desa Baluk

Sabtu, 28 Mei 2022, 18:10 WIB
Oleh Cinta Pradiva Alvina Ardianti

SNIPERS.NEWS | Jembrana - Bertempat di Kelompok Ternak Taman Sato dan Kelompok Ternak Sato Amerta, Banjar Baluk 2, Desa Baluk, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana telah dilaksanakan kegiatan Pengawasan, Pemantauan dan Pemeriksaan Keswan oleh Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana, S.H., S.I.K., M.I.K., bersama Forkopimda dalam rangka antisipasi penyakit hewan menular yaitu Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada ternak di Kabupaten Jembrana, Jumat (27/5/22).

Saat melakukan pemantauan, Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana, S.H., S.I.K., M.I.K. beserta Kadis Pertanian dan Pangan Kabupaten Jembrana I Wayan Sutama, S.P., M. Si., berdialog dengan Ketua Kelompok Ternak Taman Sato dan Ketua Kelompok Ternak Sato Amerta, disampaikan dalam pencegahan terhadap wabah PMK pada ternak hewan kambing dan sapi agar semua kelompok ternak berperan aktif, berbagi tugas dalam penanganan perawatan hewan ternak agar tidak terjangkit penyakit PMK.

Kapolres menyampaikan, untuk pendistribusian ternak hewan berkaki empat ke luar Bali agar sesuai ketentuan dari Pemerintah.

"Jika ada hewan ternak sakit agar segera memberitahukan kepada Dinas pertanian dan pangan, agar bisa segera ditindaklanjuti," kata Kapolres.


Anggota peternak kambing mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah dan Bapak Kapolres Jembrana atas bantuan obat-obatan dan perhatian terhadap pencegahan penularan penyakit hewan berkaki empat (PMK) yang saat ini sedang marak dibeberapa daerah.

Dalam kegiatan tersebut telah dilakukan pemeriksaan klinis terhadap kesehatan hewan kambing oleh Dokter Hewan didampingi Petugas Keswan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Jembrana beserta Kapolres Jembrana, guna memastikan keadaan hewan kambing dan sapi dalam keadaan sehat.

"Dari hasil pemeriksaan kambing dan sapi dinyatakan sehat dan dilanjutkan dengan penyemprotan hewan kambing dan sapi dengan desinfektan untuk membunuh kuman. Kemudian kami menyerahkan bantuan obat desinfektan kepada Ketua Kelompok Ternak Taman Sato dan Ketua Kelompok Ternak Sato Amerta," imbuh Kapolres saat dikonfirmasi.*

(Arifin/Agung DP/Hms)

TerPopuler

> Whatsapp-Button