Bupati dan Forkopimda Simalungun Sambut Kunjungan Kabaharkam Polri di Parapat

Sabtu, 14 Mei 2022, 05:57 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Simalungun - Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, S.H., M.H., bersama Forkopimda menyambut Kunjungan Kerja Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Pol Arief Sulistyanto di Niagara Hotel Parapat Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Kabupaten Simalungun, Sumut, Jum'at (13/5/2022).

Kehadiran Kabaharkam Polri tersebut dalam rangka kegiatan Supervisi serta Asistensi Kesiapan Pengamanan Destinasi Pariwisata Super prioritas Danau Toba, dengan di dampingi Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra beserta rombongan.

Dalam menyambut kehadiran Kabaharkam, tokoh adat Simalungun melalui Partuha Makanan Simalungun (PMS) menyematkan seperangkat pakaian adat Simalungun kepada Komjen Pol Arief Sulistyanto, yang disaksikan oleh Bupati Simalungun dan Forkopimda.

Selanjutnya, juga diperagakan penampilan tarian Simalungun yang dibawakan oleh putri-putri cantik Simalungun dari sanggar pondok kreatif parapat. 

Mengawali sambutannya, Bupati menyampaikan selamat datang kepada Komjen Arief Sulistyanto bersama rombongan. "Semoga kehadiran bapak bersama rombongan di daerah kami ini membawa berkah bagi Simalungun khusus pariwisata di Danau Toba," ucap Bupati.

"Seperangkat pakaian adat Simalungun yang kami berikan merupakan bentuk penghormatan kami, pemerintah dan masyarakat Simalungun atas kehadiran Komjen Pol Arief Sulistyanto, semoga bapak diberikan keberkahan dan kemudahan dalam menjalankan tugasnya," kata Bupati menambahkan.

Selanjutnya, Bupati Simalungun serta Komjen Arief Sulistyanto beserta rombongan menikmati pemandangan Danau Toba dari atas ketinggian Balkon Hotel Niagara, serta berfoto bersama dengan latar belakang panorama suasana Danau Toba yang indah dan asri.

Dalam kesempatan itu, Kepala Biro (Karo) Perencanaan Umum dan Anggaran (Rena) Polda Sumut dalam paparannya menyampaikan, bahwa latar belakang pengamanan adalah berdasarkan Perpres 81 tahun 2014, dimana ditetapkannya Danau Toba sebagai kawasan super prioritas, pembangunan pariwisata nasional dan juga ditetapkan UNESCO sebagai Toba Caldera Unesco Global Geopark.

Dikatakan, Polri sebagai lembaga yang tugas pokoknya memelihara Kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) melindungi mengayomi dan melayani masyarakat. 

Pada program prioritas Kapolri menetapkan dalam 9 program, yaitu menjamin keamanan program prioritas Nasional melalui 10 lokasi destinasi pariwisata sebagai bentuk penguatan ketahanan ekonomi. 


"Dan kami menyiapkan serta membentuk Polisi Kawasan Pariwisata dalam pengamanan kawasan super prioritas Danau Toba," sebut Karo Rena.

Sementara itu, Kabaharkam dalam sambutannya menyampaikan, bahwa sinergitas pemerintah daerah dan Polri merupakan modal dalam mengembangkan destinasi wisata di daerah.

"Diharapkan sinergitas antara Polri dan pemerintah daerah mampu memanfaatkan alam ini dengan baik, agar kita dapat menikmati sampai anak cucu kita. Jika ini di kelola dengan baik ini tidak akan habis, akan banyak manfaat yang kita dapat. Maka, tugas kita menjaga dan merawatnya agar dapat mensejahterakan rakyatnya," sebut Kabaharkam.

"Kemudian, bagaimana kita minimalisir Hakekat Ancaman, seperti bencana alam dan ulah manusia nya. Bagaimana kita bisa menjamin keselamatan pengunjung dalam rencana konsep pengamanan yang akan kita laksanakan," jelas Kabaharkam.

Lebih lanjut Kabaharkam menyampaikan, terkait dengan fasilitas dan sikap manusia dalam melihat fasilitas yang disediakan. "Ini harus ada sinergitas antara pemerintah daerah dan pihak keamanan Polri, dan bukan sekedar tanggungjawab Kadis Pariwisatanya," sebut Kabaharkam.

"Kita juga harus menjaga budayanya, namun kita juga memerlukan pemahaman bagaimana wisatawan itu faham atas budaya yang kita tampilkan, agar tidak ada kesalahan dalam penyampaian bahasa," imbuh Kabaharkam.

Kabaharkam selanjutnya menyampaikan, faktor yang harus diperhatian adalah manusianya, seperti skiminning dan pencuri serta kejahatan lainya yang merugikan wisatawan. Diharapkan dapat dibentuk Polisi Kawasan Wisata, agar dapat memberikan manfaat banyak bagi kawasan prioritas Danau Toba dalam memberikan pengamanan dan pelayanan menuju kawasan pariwisata nasional. 

"Dan kita berharap, ini akan menjadi lebih baik dan dapat membawa kesejahteraan bagi rakyatnya," pungkas Kabaharkam.

Menyikapi tentang keamanan kawasan pariwisata, Bupati mengatakan, bahwa keamanan merupakan harga mati, jadi perlu sinergitas pemerintah daerah dengan Polri dalam hal ini.

"Bagaimana ini dapat menjamin keamanan dan bagaimana para wisatawan yang akan hadir di kawasan pariwisata super prioritas ini dapat menikmati keindahan yang tersaji di Danau Toba ini," kata Bupati. 

Tampak juga hadir di acara itu para Kepala Daerah yang ada di kawasan wisata Danau Toba.*

(PN)

TerPopuler