Bupati Simalungun Silaturahmi Dengan Petani Jeruk Kecamatan Purba

Tuesday, May 24, 2022, 22:38 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Simalungun - Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, S.H., M.H. melakukan Silaturahmi dengan petani jeruk Kecamatan Purba, di Rest Area Nagori Purba Tongah Kecamatan Purba Kabupaten Simalungun, Sumut, Selasa (24/5/2022). 

Menurut dr Birma Saragih selaku ketua panitia, bahwa pertemuan silahturahmi tersebut merupakan tindak lanjut dari program pengiriman jeruk dengan brand Simaloengoen, dan produk pertanian lainnya.

Selain petani jeruk, silahturrahmi itu juga dihadiri para petani kentang, bawang dan juga para pengusaha lainnya.

Birma berharap, pertemuan petani dan Pemerintah dapat memberikan dampak bagi para petani dalam meningkatkan ekonominya. "Dan kami juga berharap para petani, pedagang dan pengusaha dapat menyampaikan apa yang menjadi persoalan bagi kita semua," ucapnya.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan, bawah wilayah Kabupaten Simalungun sebagian merupakan daerah penghasil holtikultura yang dapat menjadi ketahanan pangan dan ketahanan harga.

"Kedepannya saya akan prioritaskan pembagunan jalan untuk pertanian, namun harus ada kerjasama kita, bagaimana ini bisa terlaksana. Ketika bapak ibu petani dan pedagang serta pengusaha lebih memilih untuk mengirim jeruk dengan label brand Simaloengoen, maka akan ada peningkatan PAD yang kita dapatkan dan ada alasan saya menyampaikan kepada DPRD untuk memberikan prioritas pembagunan di wilayah kita ini," tutur Bupati.


Bupati menginginkan, bahwa jeruk Simalungun lah yang menguasai pasar-pasar di Indonesia, seperti contoh di Pasar Induk Keramat Jati.

"Harus ada edukasi dan inovasi dari dinas terkait, seperti Dinas Pertanian dan Perindustrian dan Perdagangan dalam menangani ini. Kita lihat juga bahwa jeruk yang di kemas mudah terjual dan cepat laku dibandingkan dengan menggunakan kerajang," sebut Bupati.

Kemudian Bupati juga meminta kepada para petani agar mampu menjaga kualitas dan faham teknologi serta kontineu ketersediaan barang, agar dapat menjaga ketahanan harga.

"Ketika kita sudah memiliki pelanggan, dan ketika mereka meminta kita punya ketersediaan barang yang di minta. Juga harus di buat datanya tentang kondisi pertanian kita, mulai kapan melaksanakan pembibitan penanaman dan masa panen, agar kita dapat menjaga ketahanan harganya, dan kita mampu menguasai hilir sampai ke hulunya," kata Bupati.

Di kesempatan itu Bupati Juga mengatakan, bahwa kehadiran pemerintah saat ini harus bisa memberikan solusi kepada para petaninya, apa yang menjadi persoalan di tengah-tengah petani. "Kita harus hadir dalam memberikan kemudahan bagi para petani pedang dan pengusaha jeruk serta hasil Pertanian yang lainnya," kata Bupati.

Turut mendampingi Bupati di kegiatan itu antara lain, Kadis Hanpangkanter Robert Pangaribuan, Kadis Koperasi dan UKM Maruli Tambunan, Kadis Pertanian Ruslan Sitepu, Plt Kadis Kominfo SML Simangunsong, Direktur PD Argomadear Darma Sipayung. Kadis Perindag Leo L Haloho, Camat Purba Bagun Siregar bersama Kapolsek Tiga Runggu AKP M. Sinaga dan mewakili Danramil 13 Purba  Sertu M Siregar.*

(PN)

TerPopuler