Bupati Tanjab Barat Koordinasi Langsung ke Kementerian ESDM di Jakarta Terkait Listrik

Rabu, 25 Mei 2022, 16:27 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Jakarta - Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Anwar Sadat lakukan kunjungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan dalam rangka koordinasi, konsultasi dan diskusi terkait permasalahan listrik di Tanjab Barat, Rabu (25/5/2022).

Kunjungan Bupati ini pun diterima langsung oleh Felix Rudianto subkoordinator mutu pelayanan penyediaan ketenagalistrikan kementerian ESDM.

Bupati dalam pemaparannya menyampaikan, bahwa persoalan listrik saat ini di Tanjab Barat tidak kunjung usai hingga bertahun-tahun. Disampaikannya, dari 11 Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi, hanya Kabupaten Tanjab Barat yang belum punya Gardu Induk (GI ). Menurut Bupati, penyelesaian pembangunan GI tidak tepat waktu.

"Kita menginginkan ada upaya darurat dari PLN untuk menstabilkan permasalahan listrik ini. Jika masalah ini tidak selesai, kami khawatirkan gejolak di masyarakat semakin memanas. Pemkab sudah berusaha menjelaskan kepada masyarakat tentang situasi kelistrikan di Kabupaten Tanjab Barat, PLN harus segera mengambil sikap dalam penyelesaian permasalahan ini, 
kami khawatir akan muncul gejolak yang lebih besar," ungkap Bupati.

"Kita tahu jika listrik sudah menjadi kebutuhan masyarakat, sudah dibantu Gardu Induk Muara Sabak, daya yang tersampaikan ke Tanjab Barat hanya 5 MG, sementara kebutuhan kita sebesar 19 MG, sehingga kebutuhan kami selalu tidak terpenuhi dan terjadilah pemadaman bergilir," tambah Bupati.

Selain itu, dalam kesempatan yang sama juga dibahas terkait permasalahan Perusahaan yang bekerjasama dengan PLN di Kabupaten Tanjung Jabung Barat. 

Pemerintah mempertanyakan sikap PLN terhadap mitra kerjanya PT. Tanjung Jabung Power, yang terkesan masa bodoh dengan kondisi Listrik di Kabupaten Tanjab Barat, dalam memenuhi kewajibannya menyalurkan listrik ke PLN, bahkan ada saat nya PT. TJP sama sekali tidak dapat menyalurkan listrik ke PLN.

Sementara itu, Felix Rudianto selaku subkoordinator mutu pelayanan penyediaan ketenagalistrikan kementerian ESDM menyampaikan, bahwa pihaknya akan berupaya untuk segera menyelesaikan permasalahan listrik di Tanjab Barat. Felix juga sarankan, agar Pemkab Tanjab Barat  menyurati kementerian BUMN, karena PLN ada dibawah naungan kementerian tersebut.

"Kami secepatnya akan membantu  berupaya semaksimal mungkin untuk membantu permasalahan listrik di Kabupaten Tanjung Jabung Barat," ujar Felix.

Turut hadir mendampingi Bupati Asisten Pemerintahan dan Kesra Hidayat, S.H., M.H., Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ir. Ir. H. Firdaus Khatab, M.M., Kaban Bapeda Dr. Katamso SA, S.E., M.E., Kadis PUPR Apridasman, S, S.T., M.T., Sekretaris Bapeda Sawaluddin F Tanjung, S.E., M.Si., Kabag SDA Suparti, S.T., M.H., Felix Rudianto subkoordinator mutu pelayanan penyediaan ketenagalistrikan kementerian ESDM, dan Yuda Inspektur, Iva Prasetyo Sub Koordinator Pengaduan konsumen ketenagaan listrikan kementerian ESDM beserta jajarannya.*

(DN)

TerPopuler

> Whatsapp-Button