Dana Ratusan Juta Cair, Pembangunan Bale Banjar Buana Agung Terlaksana

Rabu, 18 Mei 2022, 16:06 WIB
Oleh Cinta Pradiva Alvina Ardianti

SNIPERS.NEWS | Denpasar - Astungkara, upaya Banjar Buana Agung Kelurahan Padangsambian melakukan renovasi Bale Banjar dan membangun Bale Kulkul serta Pura Penyarikan Banjar bisa terlaksana di tengah kondisi krama adat (warga) dilanda pandemi Covid-19 di Bali. 

Keadaan ini tidak terlepas dari upaya krama adat bersama pengurus desa adat serta dinas, bahu-membahu menggalang dana bersama tokoh-tokoh politik wilayah (wewidangan) setempat melakukan pendekatan kepada pihak swasta serta pemerintah mengajukan proposal.

A A. Suarta, selaku Kelian Banjar Buana Agung Desa Adat Padangsambian mengungkapkan, biaya pembangunan selama ini berjalan difasilitasi Drs. AA. Ketut Asmara Putra (Gus Cilik), sehingga mendapat bantuan pada tahun 2020 dari Komisi VI DPR RI melalui Putu Supadma Rudana. Begitu juga pada tahun 2021 juga mendapat bantuan dari Dinas Perkim Kota Denpasar.

"Tahun 2020 ini bantuan CSR melalui PT. Telkom sebesar Rp 200 juta, sedangkan pada tahun 2021 ada bantuan Rp 600 juta dari Perkim. Sementara untuk perbaikan  Periangan menghabiskan dana 220 juta, sedang tahun 2021 dibantu oleh Dinas Perkim Denpasar difasilitasi juga oleh Drs. AA. Ketut Asmara Putra  (Gus Cilik). Dana Rp. 600 juta ini untuk pembangunan Balai Kulkul, tembok penyengker, dan pembangunan Balai Banjar yang baru separuh selesai," ungkap A A. Suarta kepada wartawan, Rabu (18/05/2022)

Ia menambahkan, selaku kelian banjar dan juga kerame banjar mengucapkan terima kasih atas semua bantuan dalam pembangunan bale banjar. "Kami bekerja untuk ngayah dan kami berusaha meluangkan waktu untuk ngayah," imbuh A.A Suarta.


Hal senada juga disampaikan AA. Ngurah Prasasti selaku Pelingsir Banjar Buana Agung menyampaikan ucapan terima kasih kepada Drs. AA. Ketut  Asmara Putra yang telah menginisiasi bantuan kepada Bapak Putu Supadma Rudana dari Komisi IV DPR RI sehingga bantuan ini dapat diterima warga Banjar untuk pembangunan Balai Banjar yang megah ini. 

"Harapan saya kiranya ada kelanjutan program bantuannya untuk menyelesaikan pembangunan Banjar ini ke depan," ucap AA. Ngurah Prasasti.

Salah satu krama adat, Agung Ngurah Astawa mengatakan, masyarakat sangat antusias dengan bantuan yang diberikan, sehingga bangunan balai banjar bisa selesai. "Harapan kami semoga beliau (Gus Cilik,red) terus maju dan selalu membantu masyarakat, karena selama ini beliau sangat dekat masyarakat," bebernya.

Begitu juga A.A Panca Setiadi sebagai generasi muda dalam wadah Seka Truna Truni mengapresiasi setelah sekian lama menanti akhirnya Banjar ada perubahan lebih baik. Mengucapkan terima kasih juga kepada anggota dewan baik yang di pusat mau pun yang di tingkat dua lantaran sudah ikut membantu.

"Harapan kami ke depan, pasti biar Bale Banjar sampai selesai, jadi tidak setengah-setengah. Kemudian tentu ada harapan-harapan akan ada bantuan-bantuan lagi kepada masyarakat. Tidak hanya kepada kami sebagai organisasi masyarakat adat tapi kepada masyarakat secara individual terutama kepada masyarakat tidak mampu," tutup A.A Panca Setiadi.*

(Arifin)

TerPopuler

> Whatsapp-Button