Dandim 0820/Probolinggo Dampingi Pangdam V/Brw Launching Renovasi Rutilahu di Desa/Kecamatan Leces

Tuesday, May 24, 2022, 17:36 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Probolinggo - Dandim 0820/Probolinggo Letkol Arh Arip Budi Cahyono mendampingi Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Nurchahyanto, M.Sc menggelar kegiatan Launching Renovasi  Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu), bertempat di Desa/Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo, Selasa (24/05/2022).

Dalam amanatnya, Pangdam V/Brw mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jatim, Plt Bupati Probolinggo dan segenap unsur terkait. Launching Renovasi  Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) ini dilaksanakan terpusat di Desa Leces dan di ikuti serempak via zoom se-wil Jatim.

"Program Renovasi Rutilahu ini merupakan bentuk perhatian pemerintah bersama TNI dalam mensejahterakan masyarakat," papar Mayjen Nurchahyanto.

Disamping renovasi rumah tidak layak huni, juga merenovasi mushola sebagai sarana ibadah masyarakat dalam pembinaan keagamaan dan jambanisasi untuk menjaga kebersihan keluaraga. 
                            

Setelah kegiatan launching, dilanjutkan penyerahan hasil renovasi mushola yang ditandai dengan pemotongan pita dan dilanjutkan peletakan batu pertama renovasi rutilahu oleh Pangdam V/Brw di rumah Sukaesih (64) warga Dusun Krajan RT. 03/RW.11 Desa Leces.

Sedikitnya, ada sekitar 1.952 unit rutilahu yang tersebar di 11 Kodim dan 240 unit jambanisasi di 4 Kodim se-Jawa Timur. "Hari ini,  saya berada di Desa Leces Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo sekaligus mengawali dilakukanya kegiatan pembangunan renovasi rutilahu dan jambanisasi yang dilakukan secara serentak di Jawa Timur," terang Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Nurchahyanto M.Sc.
                           

Program bantuan yang didukung oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur bersama Kodam V/Brawijaya tersebut untuk membantu masyarakat Jawa Timur terutama masyarakat yang tinggal di rumah tidak layak huni. Program bantuan ini dilakukan setiap tahun. 

Sementara itu, di Kabupaten Probolinggo sendiri, ada sekitar 178 unit rutilahu yang tersebar di 23 kecamatan. Pangdam V/Brawijaya berharap program  Rutilahu dan Jambanisasi bisa mengurangi angka kemiskinan di Jawa Timur.*

Pewarta : Taufiq/Pendim
Sumber  : (Penrem 083/Bdj)

TerPopuler