Kapolres Bangkep Tinjau Penyaluran Dana BTPKLW di Polsek Bulagi

Jumat, 13 Mei 2022, 5/13/2022 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Bangkep - Kapolres Banggai Kepulauan (Bangkep) AKBP Bambang Herkamto, S.H., didampingi PJU Polres Bangkep kunjungi Mako Polsek Bulagi. 

Dalam kunjungannya, orang No 1 di Polres Bangkep ini memantau langsung kegiatan Penyaluran Dana BTPKLW (Bantuan Tunai Untuk Pedagang Kaki Lima Dan Warung bagi 129 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang berdomisili di wilayah Kecamatan Bulagi, Bulagi Utara dan Bulagi Selatan, sekaligus di buka Gerai Vaksin Covid-19 di Mako Polsek Bulagi.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Bangkep AKBP Bambang Herkamto, S.H., Kasat Intelkam AKP Dwi Harjaka, Kasat Narkoba Iptu Deky Wahyudi, S.H., M.H., Kasat Reskrim Iptu I Ketut Yoga Wisata, S.H., Kapolsek Bulagi Ipda Muh. Ruhil Newton Sugiarto, S.H., Kasi Propam Ipda Dicki RA. Lempah, S.H., personil  Polres Bangkep dan Personil Polsek Bulagi serta Tim Vaksinator Covid-19 Kecamatan Bulagi.

Ditemui di lokasi kegiatan, Kapolres Bangkep menyampaikan, bahwa BTPKLW merupakan bantuan terbaru bagi para pedagang di masa pandemi ini. 

"Bantuan ini pertama kali diresmikan oleh Bapak Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo pada 9 Oktober 2021. Program yang diberi nama Bantuan Tunai Untuk Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW) tersebut merupakan bagian dari Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)," ucapnya.

Kali ini, bantuan tersebut disalurkan oleh Polres Bangkep dan dipusatkan di beberapa Polsek Jajaran, salah satunya Polsek Bulagi dengan 129 KPM yang mendapatkan bantuan.

Awalnya masyarakat penerima manfaat dari program ini di data terlebih dahulu oleh Bhabinkamtibmas dengan aplikasi dan dilakukan verifikasi, setelah lolos maka akan diberikan surat undangan untuk menghadiri kegiatan penyaluran dana tersebut, seperti hari ini kata Kapolres yang sangat suka berolahraga dan hidup sehat tersebut.

Kapolsek Bulagi Ipda MUH. Ruhil Newton Sugiarto, S.H. juga menyampaikan arahan kepada seluruh penerima manfaat, sesaat sebelum penyaluran Bantuan berlangsung, bahwa Program Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung (BT-PKLW) merupakan bukti perhatian dan kehadiran Pemerintah dalam upaya mendorong pemulihan ekonomi nasional dari dampak pandemi Covid-19. 


Bantuan ini diharapkan dapat menggerakkan kembali ekonomi masyarakat tingkat bawah untuk menjaga daya beli, keberlangsungan usaha dan penghidupan masyarakat yang menjalankan usaha mikro, terutama PKL dan pemilik warung.

"Selain itu, bantuan tersebut juga untuk pedagang dan pemilik warung yang terdampak dari adanya penerapan PPKM," ucap Kapolsek dengan balak satu di pundaknya.

"Kami mengharapkan agar program BTPKLW benar-benar bermanfaat untuk membantu PKL dan pemilik warung untuk mulai bangkit kembali setelah terdampak pandemi Covid-19 cukup lama, dan juga menjadi sinyal untuk menggerakkan kembali ekonomi masyarakat di tingkat bawah," ujar Kapolsek dengan pembawaan yang cukup humanis.

"Kami juga sangat mendukung program percepatan vaksinasi, yakni dengan membuka Gerai Vaksin Covid-19 di Polsek Bulagi pada hari ini, guna melaksanakan Vaksinasi bagi Keluarga Penerima Manfaat, Anggota Kepolisian bersama keluarganya serta masyarakat sekitar," ucap Ipda Ruhil, Perwira Pertama yang pernah bertugas di Poso selama 15 tahun tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Puskesmas Bulagi Heliyawati Marlapan, S.Gz. menyampaikan, bahwa kegiatan yang di gagas oleh Kapolsek Bulagi berupa Penyaluran Dana BTPKLW sekaligus pembukaan Gerai Vaksin Covid-19 di Polsek Bulagi merupakan suatu terobosan yang kreatif dan inovatif, dimana dalam pelaksanaan kegiatan Vaksin terhadap masyarakat di sertai dengan iringan musik dan nyanyian dari masyarakat yang ikut melaksanakan Vaksinasi.

Hal ini tentunya sangat baik, guna menghilangkan stres maupun ketakutan saat akan melakukan vaksinasi. Hal ini dibuktikan semua yang melakukan vaksinasi tekanan darahnya normal, semua bergembira dan terlihat senyuman di bibir masyarakat yang telah di Vaksin.

Kegiatan yang dikemas dengan nuansa santai kemudian di iringi lantunan musik tentunya membuat masyarakat lebih tenang dan rileks, sehingga tidak keberatan saat akan di Vaksin. Dan kegiatan ini merupakan hal yang baru pertama kali dilaksanakan di Kecamatan Bulagi dan sekitarnya,
 
Salah seorang warga penerima bantuan tersebut sangat mengapresiasi Polisi yang telah memperhatikan kesehatan  masyarakat.*

(Yudi/Hms)

TerPopuler

> Whatsapp-Button