Kapolres Jembrana Pererat Tali Silahturahmi Saat Halal Bihalal di Atas Jembatan Belly Loloan

Minggu, 22 Mei 2022, 13:13 WIB
Oleh Snipers.news.com

SNIPERS.NEWS | Jembrana - Bertempat di Jembatan Sejarah Syarif Tua/Jembatan Belly, Kel. Loloan Barat, Kec. Negara, Kab. Jembrana, Sabtu (21/5) Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana, S.H., S.I.K., M.I.K. menghadiri kegiatan Halal Bihalal Loloan Bahagia. Kegiatan dihadiri oleh Bupati Jembrana yang didamping oleh Ketua Penggerak PKK Kab. Jembrana, Dandim 1617/Jembrana atau yang mewakili, Ketua DPRD Kab. Jembrana atau yang mewakili, Kepala Kejaksaan Negeri Jembrana atau yang mewakili, dan jajaran Forkopimda lainnya, serta Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Pemuda Loloan Barat dan Loloan Timur.

Setibanya rombongan Bupati, Kapolres Jembrana, dan Forkopimda lainnya disambut langsung dan dikalungkan bunga oleh "Anak Dare" Loloan, selanjutnya berjalan kaki melewati di tengah-tengah barisan Hadrah Gabungan Lobar-Lotim serta diiringi atraksi Pencaksilat Melayu Loloan Barat, Atraksi Palang Pintu, Bupati memberikan "Tepung Tawar" di pipi kanan dan kiri penampil atraksi sebagai simbol kasih dan sayang seorang Uwak/Bapak kepada anaknya.

Usai memberikan tepung tawar di bibir jembatan sebelah barat Bupati, Kapolres Jembrana, dan Forkopimda berbalas pantun Melayu, tanda masuk ke lokasi acara Bupati dan Forkopinda diberikan kehormatan untuk "Hambur Salim" kepada masyarakat yang hadir sebagai simbol keselamatan, kesehatan dan pemimpin yang darmawan selanjutnya menuju ke lokasi kegiatan Halal Bihalal Loloan Bahagia.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pembuktian oleh ketua panitia yang dilanjutkan dengan acara Sekapung Sirih yang disampaikan dari perwakilan masing-masing kelurahan.

Disela-sela kegiatan tersebut Bupati Jembrana I Nengah Tamba, S.H. mengatakan pada hari yang berbahagia ini, ijinkan saya menyampaikan kegembiraan saya dengan adanya acara Halal Bihalal yang diselenggarakan pada hari ini, adapun makna dari Halal Bihalal tersebut merupakan tradisi di kalangan umat Islam utamanya di Indonesia dilaksanakan yang setelah menunaikan ibadah puasa ramadan untuk bersilahturahmi dan saling maaf-memaafkan.

Bupati Tamba berharap para generasi muda agar selalu menjaga persatuan dan persaudaraan dalam memajukan Kabupaten Jembrana yang kita cintai. "Bagi para pemuda sebagai garda terdepan agar selalu menjaga tradisi leluhur yang merupakan kearifan lokal baik di bidang seni maupun budaya sehingga tidak tergerus," ucap Bupati.

Usai pemberian sambutan dari Bupati, selanjutnya dilaksanakan pembacaan oleh perwakilan pemuda Loloan dan penandatanganan Deklarasi Tri Kerukunan Umat Beragama oleh Bupati, Kapolres Jembrana, Ketua FKUB dan Tokoh Agama Kabupaten Jembrana.

Terakhir dilaksanakan penyerahan cinderamata dan foto bersama, ditutup dengan melaksanakan doa bersama. Terhadap kegiatan tersebut dilaksanakan pengamanan secara terbuka maupun tertutup oleh personil yang terseprin dari Polres Jembrana, Polsek Negara, dan Polsek Kota Jembrana.

(Arifin/Lilik/Hms)

TerPopuler

> Whatsapp-Button