Koramil Paiton Pantau dan Tangani Dampak Banjir Rob

Jumat, 27 Mei 2022, 07:54 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Probolinggo - Koramil 0820/16 Paiton turun langsung guna memantau dan melakukan penanganan terkait pasca terjadinya banjir rob di wilayah teritorialnya, untuk titik pemantauan kali ini difokuskan pada 2 desa yakni Desa Sumberanyar dan Desa Karanganyar Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo.

Serma Babun S, salah satu anggota Koramil 0820/16 Paiton menyampaikan bahwa untuk 2 desa yakni Desa Sumberanyar dan Desa Karanganyar Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo menjadi titik terparah akibat adanya banjir rob.

"Desa Karanganyar dan Sumberanyar merupakan daerah pesisir pantai jadi dampak dari banjir rob begitu dirasakan oleh masyarakat setempat," kata Serma Babun S, Jumat (27/5).

Ia mengungkapkan, bahwa banjir rob yang melanda 2 desa sering terjadi khususnya dibulan purnama, hal ini karena wilayah pesisir memiliki  struktur tanahnya rendah ditambah tanggul penahan ombak yang sudah rusak.

"Untuk ketinggian air yang menggenang di halaman rumah warga maupun jalan untuk saat ini sudah mulai surut, untuk ketinggian air sudah sekitar 50 sampai 75 cm," ujarnya.

Ditambahkan, bahwa dalam kesempatan tersebut pihaknya juga telah berkoordinasi dengan pihak pemerintah desa untuk menghimbau kepada masyarakat agar berhati-hati dalam penggunaan arus listrik disaat kondisi seperti ini.

Meskipun masyarakat setempat sudah terbiasa dengan kondisi seperti saat ini, namun tetap koordinasi dengan pemdes manakala dibutuhkan untuk evakuasi. 

"Kami juga mendata kerugian akibat banjir rob dan melakukan komunikasi sosial dengan masyarakat, sehingga tahu apa yang diperlukan masyarakat untuk selanjutnya sebagai bahan kami laporkan ke komando atas," pungkasnya.*

Pewarta : Taufiq/Pendim

TerPopuler

> Whatsapp-Button