Mutiara Pattimura Dalam Sholat ID dan Halal bi Halal di Kodam XVI/Pattimura

Tuesday, May 3, 2022, 21:54 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Ambon - Keluarga besar Kodam XVI/Pattimura, eks perumahan dan masyarakat sekitar Kodam XVI/Pattimura menghadiri Sholat Idul Fitri 1443 Hijriah di Halaman Makodam XVI/Pattimura, Senin (02/05/2022). 

Sholat Id ini menghadirkan penceramah Ketua MUI Maluku Ustad Dr H. Abdullah Latuapo M.Pd. 

Sholat Idul Fitri 1443 Hijriah untuk pertama kalinya diadakan lagi di Halaman Makodam selama masa pandemi covid 19, namun dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Selanjutnya, sebelum pelaksanaan shalat Id dilaporkan pengumpulan zakat fitrah, zakat mal dan shodaqoh serta infaq di lingkungan Kodam XVI/Pattimura. Dana tersebut telah disalurkan kepada yang berhak sesuai dengan ketentuan agama. 

Sementara itu, Ketua MUI Maluku dalam ceramahnya yang mengangkat Tema "Hikmah Idul Fitri" mengatakan lewat ibadah Ramadhan dan momentum Idul Fitri ini hendaknya dijadikan dimensi untuk memperbaiki diri baik secara vertikal kepada Allah SWT dan horizontal kepada sesama manusia. 

Penceramah berpesan  selesai Idul Fitri seluruh jamaah hendaknya melapangkan dada dan saling memaafkan sehingga dosa dosa terhapus seperti bayi yang baru lahir. 

Terakhir, penceramah juga menghimbau untuk melaksanakan perintah Pangdam untuk menjadi prajurit perekat dan pelindung bangsa demi mejaga persatuan dan kesatuan. Mutiara Pattimura, senantiasa hadir untuk mewujudkan kebersamaan dalam kebhinekaan yang dilandasi saling menghormati dan mengasihi satu sama lain.

Usai Sholat Id, keluarga besar Kodam XVI/Pattimura melaksanakan halal bi halal dengan Pangdam XVI/Pattimura beserta Ketua Persit KCK Ny. Selly Tampubolon dan jajaran di lapangan Tennis Indoor Tapal Kuda. 

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon dalam sambutannya mengatakan, sebagai pribadi, keluarga dan Pangdam XVI/ Pattimura, dirinya mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah, Mohon Maaf Lahir dan Batin kepada seluruh prajurit dan PNS Kodam XVI/Pattimura dan keluarga yang beragama Islam.

Pangdam berharap Halal Bihalal Idul Fitri tahun ini untuk dijadikan ajang mempererat silaturahmi dan memantapkan jiwa korsa seluruh personel Kodam XVI/Pattimura untuk bertugas lebih profesional dan inovatif ke depan. Selain itu seyogyanya Idul Fitri dijadikan momentum introspeksi diri dan menggali nilai-nilai silaturahmi, membuka hati dan saling memaafkan, untuk lebih meningkatkan hubungan persaudaraan dan kekeluargaan antar sesama prajurit, PNS dan Keluarga Besar Kodam XVI/Pattimura.
 
“Saya berharap agar momentum halal bihalal ini tidak hanya sekedar menjadi acara seremonial, saling berjabat tangan dan saling memaafkan, tetapi agar lebih dimaknai sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas sikap disiplin, pengendalian diri, kepedulian sosial, soliditas, solidaritas, serta pemantapan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa," ujar Pangdam.

Pada kesempatan akhir, Irdam XVI/Pattimura, Brigjen TNI Muhamad Muchidin selaku Ketua Panitia acara Sholat Idul Fitri dan Halal Bihalal, melaporkan pelaksanaan kegiatan dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah memberikan dukungan sehingga acara dapat berjalan dengan lancar.

Halal bihalal diakhiri dengan berdiri berjajar, saling maaf memaafkan tanpa berjabatan tangan, namun demikian tidak mengurangi makna halal bihalal itu sendiri.*


(Ajid Tomagola)
Sumber : Pendam16

TerPopuler