Regenerasi, Kodim 1619/Tabanan Gelar Tradisi Lepas Personel Purna Tugas dan Terima Yang Baru

Tuesday, May 10, 2022, 13:14 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Tabanan - Dengan berjalannya waktu dan seiring dengan bertambahnya usia personel Kodim 1619/Tabanan satu per satu telah memasuki masa pensiun dan melaksanakan purna tugas dan kembali ke masyarakat dan menyesuaikan dengan kehidupan sebagai masyarakat namun demikian bagaikan  hilang satu tumbuh berganti regenarasi akan terus berlangsung dengan masuknya personel baru yang menggantikannya.

Seperti acara yang digelar oleh Kodim 1619/Tabanan saat tradisi pelepasan personel yang telah memasuki masa pensiun (Purna Tugas) dan sekaligus menerima personel baru yang masuk dan ditugaskan di Kodim 1619/Tabanan, pada Senin (9/5/2022)

Kegiatan yang digelar di Makodim 1619/Tabanan Jalan Katamso no 2 Tabanan tersebut dipimpin langsung Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Ferry Adianto S.I.P., dengan dihadiri oleh Kasdim 1619/Tabanan Mayor Inf Dewa Putu Oka, Para Danramil dan Perwira staf dan personel Bintara, Tamtama, PNS Kodim 1619/Tabanan serta perwakilan pengurus Persit KCK Cabang XXXVII dilaksanakan secara sederhana dan menerapkan prokes.

Adapun personel Kodim 1619/Tabanan yang melaksanakan Corp Raport Purna Tugas ada 2 orang personel atas nama Serda (Har) Suyitno Handono dan PNS I Nyoman Putra Yasa yang telah memasuki masa pensiun pada bulan Mei 2022 dan menerima 2 orang personel baru atas nama Serma Putu Darma Putra dan PNS Eka Erawati, G.S.

Dalam Amanatnya  Komandan Kodim menyampaikan, bahwa masa pensiun bukan akhir dari proses aktivitas dan kreativitas, otak dan pikiran harus terus di rangsang untuk terus berpikir. Pengabdian tidak berhenti hanya karena kita memasuki purna tugas, setelah masa pensiun semangat dan optimisme harus tetap 55. 


“Kontribusi seorang pensiunan justru semakin nyata dan diperlukan pada saat ia terjun dalam kehidupan bermasyarakat, bagi anggota yang masih berdinas agar bisa mengambil nilai-nilai positif dari rekan-rekan yang telah memasuki masa Pensiun dan MPP untuk keberhasilan dalam pelaksanaan tugas tugas yang akan datang," kata Dandim.

Selain itu, Dandim menekankan, bahwa setelah memasuki Masa Pensiun, hendaknya para anggota tetap menjaga nama baik TNI dan tetap membantu tugas-tugas prajurit TNI di masyarakat.

"Tetaplah menjadi contoh dan suri tauladan yang baik di masyarakat dan menjadi motor penggerak dalam hal-hal kebaikan dan kebenaran dimasyarakat," imbuhnya

Sedangkan untuk personel baru menurut Dandim, kegiatan acara tradisi ini bertujuan memberikan pengenalan awal tentang situasi dan kondisi wilayah Kodim 1619/Tabanan dengan harapan menumbuhkan jiwa korsa, kebanggaan dan kecintaan kepada satuan Kodim 1619/Tabanan serta memotivasi semangat juang dalam menghadapi tugas-tugas ke depan. 

Diakhir sambutannya Dandim berpesan, sebelum menjalankan tugas pengabdian sebagai prajurit Teritorial agar para personel tetap  memegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit,  Wajib TNI dan 7 Perintah Harian Kasad.*

(Arifin/Agung DP)

TerPopuler