Resahkan Masyarakat, Polsek Bulagi Gencar Lakukan Razia Knalpot Racing

Sunday, May 22, 2022, 14:03 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Bangkep - Sebagai aparat negara yang bertugas dan bertanggung jawab menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, maka seyogyanya Polsek Bulagi melaksanakan upaya dan kegiatan yang dapat menciptakan rasa aman dan nyaman bagi seluruh warga masyarakat di Kecamatan Bulagi Bersaudara.

Hal ini nampak terlihat dalam kegiatan Kepolisian yang dilaksanakan pada hari Sabtu 21 Mei 2022 di Jalan Pintu Keluar Pasar Bulagi Kelurahan Bulagi 1 Kecamatan Bulagi Kabupaten Bangkep, dengan dilaksanakan kegiatan berupa Razia Knalpot Racing / Bogar / Brong yang telah meresahkan masyarakat.

Kapolsek Bulagi Ipda Muh. Ruhil Newton Sugiarto, S.H., saat di konfirmasi awak media menyampaikan, bahwa Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) dengan menyasar kendaraan roda dua menggunakan Knalpot Racing / Bogar / Brong merupakan suatu wujud kegiatan Kepolisian guna menciptakan rasa aman, nyaman dan tertib bagi warga masyarakat. 

Selain itu, beberapa hari sebelumnya Kapolsek Bulagi juga telah menerima laporan dan usulan dari segenap para Kepala Desa, tokoh masyarakat dan warga di Kecamatan Bulagi Bersaudara, saat pelaksanaan Rapat Kerja Tripika Bulagi bersama KUA, UPT, Lurah, Kepala Desa dan lembaga lainya se-Kecamatan Bulagi. 

"Dimana perlunya penertiban yang berkala / berkesinambungan terhadap kendaraan roda dua yang menggunakan Knalpot Racing / Bogar / Brong, karena sangat menggangu dan meresahkan warga masyarakat," ujar Kapolsek.

Dalam kegiatan razia tersebut, ditemukan sekitar 8 unit kendaraan roda dua yang menggunakan Knalpot Racing / Bogar / Brong serta tidak dilengkapi alat kelengkapan kendaraan bermotor sesuai dengan standar. 

Selain itu, pengendara / pemilik kendaraan tidak membawa dan juga tidak dapat menunjukkan / tidak memiliki surat-surat baik itu SIM maupun STNK. "Ke semua kendaraan tersebut selanjutnya di bawa dan diamankan di Mako Polsek Bulagi," ucap Kapolsek yang memiliki 3 Kecamatan dalam wilayah tugasnya.

Selanjutnya pemilik/pengendara kendaraan roda dua yang menggunakan Knalpot Racing / Bogar / Brong yang telah diamankan di Mako Polsek Bulagi diberikan teguran dan pembinaan, agar tidak mengulangi lagi perbuatannya dan pengendara wajib menganti Knalpot dengan yang standar lalu menunjukkan surat-surat kepemilikan kendaraan sehingga dapat di bawa pulang. 


"Kali ini kami berikan teguran keras buat para pelanggar. Namun, apabila nanti kami menemukan kembali masih ada kendaraan yang saat ini diamankan, kembali dipasangi Knalpot yang tidak standar maka kami akan melakukan tindakan tegas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku," kata Kapolsek.

Umumnya para pengendara roda dua yang menggunakan Knalpot Racing / Bogar / Brong yang sempat diamankan di Mako Polsek Bulagi merupakan para Pelajar SMA Sederajat dan belum memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM).

"Olehnya itu kami berikan himbauan, agar segera mengurus SIM pada Satuan Lalulintas Polres Bangkep dan kami juga undang para orang tua mereka agar dapat melakukan kontrol dan pengawasan internal, terkait penggunaan kendaraan motor yang dipakai oleh anak-anaknya," jelas Kapolsek.

"Dan kami dari Polsek Bulagi akan terus melakukan langkah-langkah, upaya dan tindakan Kepolisian guna menciptakan dan menjaga situasi yang kondusif di Kecamatan Bulagi Bersaudara, dan kami juga meminta dukungan semua pihak sehingga kami dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab kami dengan baik dan lancar," tutup Kapolsek yang pernah bertugas 14 tahun di Bumi Sintuwu Maroso Poso tersebut.

Di tempat terpisah, Kepala Desa Sosom Kecamatan Bulagi Yamen Kiamani yang di hubungi media menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Kapolsek Bulagi dan Personilnya, yang mana telah melakukan kegiatan Kepolisian yang bertujuan mengamankan dan membuat tertib dan nyaman warga masyarakat Kec. Bulagi Bersaudara. 

"Kami sangat berterima kasih karena keluhan kami saat rapat kerja dengan Unsur Tripika Bulagi beberapa hari lalu langsung segera di tindak lanjuti oleh Kapolsek Bulagi. Hal ini tentunya sangat baik, agar dapat menumbuhkan dan memperbesar Trust / Kepercayaan masyarakat pada institusi Korps Bhayangkara tersebut," ujar Kepala Desa Sosom.

"Kami berharap, langkah-langkah dan tindakan Kepolisian khususnya Polsek Bulagi dalam menciptakan dan menjaga Kamtibmas di wilayah hukum Polsek Bulagi terus dilakukan, agar situasi tetap kondusif sehingga pelaksanaan kegiatan, program kerja dan pembangunan dapat berjalan dengan baik dan lancar," tutup Kades yang berjiwa muda, enerjik dan inovatif tersebut.

Terakhir Kapolsek Bulagi juga berpesan kepada masyarakat, agar terus lakukan kerjasama yang baik dengan pihak kepolisian, dalam pengawasan kepada anak-anak yang di bawa umur agar tidak di beri kebebasan untuk mengendarai yang belum memiliki (SIM).*

(Yudi)

TerPopuler